Viral 'Matahari Kembar' di Langit Makassar, Ini Penjelasan BMKG

Rabu, 22 Januari 2020 - 16:12 WIB
Viral Matahari Kembar di Langit Makassar, Ini Penjelasan BMKG
Fenomena Sun Dog di langit Makassar. (Foto: @makassar_iinfo)
A A A
MAKASSAR - Sebuah video penampakan dua matahari di langit Kota Makassar mendadak viral di media sosial (medsos). Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (19/1/2020) lalu. Oleh BMKG, fenomena 'matahari kembar' disebut Sun Dog yang terjadi karena adanya pantulan matahari akibat awan sirus.

Fenomena tersebut ramai dibahas di akun media sosial Instagram @makassar_iinfo. Dalam keterangan video, fenomena tersebut diabadikan oleh warga di BTN Berua Mitra Perdana, Daya, Makassar.

Akun @makassar_iinfo mengunggah video kiriman warganet yang menampilkan kejadian itu. Video juga menampilkan sejumlah orang yang memerhatikan langit dengan saksama.

Dalam tayangan singkat, terlihat cahaya matahari menjelang terbenam. Namun di arah sebaliknya terdapat pula berkas cahaya yang nyaris serupa.

"Fenomena alam di langit Daya Makassar, sinar matahari ada dua petang ini 19 Januari 2020," tulis @makassar_iinfo.

Pegawai Balai Besar Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar Asriani Idrus memberikan penjelasan ilmiah soal "matahari kembar" yang tampak di langit.

"Fenomena itu terjadi karena pantulan sinar matahari yang menerobos awan dengan kandungan kristal es. Awan itu dikenal dengan awan sirus," katanya.

Matahari dipastikan tidak bertambah alias tetap satu. Hanya, awan sirus itu memantulkan cahaya sehingga matahari terlibat kembar.

Ia mengatakan fenomena ini dikenal dengan nama Sun Dog. Artinya, sebuah fenomena di mana matahari seakan terlihat lebih dari satu.

Secara ilmiah pembentukan Sun Dog berawal dari cahaya matahari yang bersinar pada kumpulan lempeng es kristal heksagonal.

"Kristal ini tersusun secara horizontal di langit sehingga mengakibatkan cahaya dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat," lanjutnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9140 seconds (0.1#10.140)