Pj Wali Kota Makassar Dukung Program Eliminasi TBC

Rabu, 29 Januari 2020 - 23:05 WIB
Pj Wali Kota Makassar Dukung Program Eliminasi TBC
Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat menghadiri gerakan bersama eliminasi Tuberkulosis (TBC) 2030 di Technopark Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mendukung program eliminasi Tuberkulosis (TBC) 2030 yang baru saja dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, di Technopark Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Menurut Iqbal, pengentasan penyakit TBC menjadi fokus Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ke depan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar bersama stakeholder terkait kata dia terus mencari dan mengobati masyarakat yang mengidap virus TBC.

"Selama ini teman-teman di Dinkes terus memperluas jejaring untuk mencari warga yang mengidap TBC, ini sesuai dengan jargon temukan obati sampai sembuh (TOSS)," kata Iqbal.

Dia berpendapat, dalam pengentasan penyakit TBC, hal yang terpenting dilakukan adalah pemutusan mata rantai. Yakni dengan melakukan pencegahan sebelum terjadi penularan ke masyarakat.

"Yang penting itu pencegahan, jangan menunggu warga sakit baru kasak kusuk," tegasnya.

Diketahui, saat ini Indonesia berada di urutan ketiga di bawah India dan Cina dengan beban TBC tertinggi di dunia. Sementara di Makassar jumlah penderita suspek TBC di tahun 2019 sebesar 25.828 penderita.

Upaya penanggulangan TBC dilakukan sesuai tingkat risiko penderita. Pasien dengan risiko rendah ditanggulangi, di antaranya dengan mengendalikan faktor risiko, meningkatkan kapasitas SDM TBC, dan meningkatkan penemuan TBC laten.

Pasien dengan risiko tinggi ditangani di antaranya dengan meningkatkan surveilans, serta meningkatkan promosi dan pengendalian faktor risiko.

Presiden Joko Widodo usai mencanangkan gerakan eliminasi meminta seluruh pihak berperan aktif menyukseskan program tersebut agar kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bisa meningkat.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4387 seconds (0.1#10.140)