Adnan Ingatkan Agar ASN Gowa Tetap Netral Saat Pilkada

Senin, 10 Februari 2020 - 17:49 WIB
Adnan Ingatkan Agar ASN Gowa Tetap Netral Saat Pilkada
Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sulsel, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (10/2/2020). Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, menegaskan agar Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkup Pemkab Gowa bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar Septermber mendatang.

"Diharapkan para ASN memperhatikan rambu-rambu mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh ASN jelang pilkada ini, agar Gowa bisa menjadi percontohan dalam pelaksanaan Pilkada 2020," ungkapnya saat membuka Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sulsel, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (10/2/2020).

Dijelaskan Adnan, ASN memang memiliki hak suara dan tanggungjawab untuk menaikkan partisipasi pemilih, namun juga harus bertanggungjawab dalam menjaga aturan agar tidak melanggar kebijakan-kebijakan Bawaslu.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini, kesuksesan menjalankan suatu pemilihan menjadi tanggungjawab bersama. Apalagi terjadi perubahan yang signifikan. Saat ini Gowa mulai keluar dari zona merah bahkan menuju kuning.

"Semoga saat ini bisa menjadi zona hijau," jelas mantan anggota DPRD Sulsel ini.

Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh mengatakan, Bawaslu diamanahkan untuk mengawal pilkada baik menjelang maupun saat pelaksanaan pemilihan. Sehingga dirinya mengaku akan menggunakan kewenangan tersebut untuk menjalankan tugasnya, khususnya dalam melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran.

"Tugas utama kami adalah melakukan pencegahan agar tidak ada pelanggaran, jika ada pelanggaran maka dilakukan penindakan. Namun kami berharap itu tidak akan terjadi di Kabupaten Gowa," katanya.

Samsuar membeberkan, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah Kabupaten Gowa beberapa tahun belakangan ini selalu menjadi sorotan nasional. Namun pemilihan kemarin Gowa berhasil keluar dari zona merah dan beralih ke zona hijau.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5014 seconds (0.1#10.140)