Kelompok Disabilitas Bentuk Pos Pelayanan dan Pengaduan

Minggu, 28 Januari 2018 - 18:30 WIB
Kelompok Disabilitas Bentuk Pos Pelayanan dan Pengaduan
Yasmib Sulawesi menggelar diskusi membentuk pos pelayanan bagi kaum disabilitas dan rentan lainnya. Foto: Herni Amir/SINDOnews
A A A
SUNGGUMINASA - Yayasan Swadaya Mitra membentuk lembaga pelayanan desa, di Desa Barembeng, Kecamatan Bontonompo dan Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa

Lembaga ini akan menjadi wadah diskusi dan pengaduan bagi kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, perempuan, anak dan kelompok rentan lainnya.

“Lembaga ini akan menyelesaikan semua masalah warga desa. Jika mengalami terkendala dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, hukum, dan administrasi kependudukan,” ungkap Direktur Program Yayasan Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi, Masita Syam Minggu (28/1/2018).

Dia mengatakan, salah satu indikator terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat dapat dilihat dari kualitas layanan publik pemerintah.

Pelaksanaan pelayanan publik ini merupakan salah satu fungsi pemerintah dalam memberikan kemudahan masyarakat menggunakan hak dan kewajibannya.

“Pemerintah desa mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pemberian pelayanan publik. Baik atau buruk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan tergantung pada kualitas dan kuantitas,” kata Masita.

Lembaga kelompok rentan ini berhasil dibentuk setelah melewati diskusi kampung. Menghadirkan fasilitator Lina May dari Koalisi Perempuan Indonesia dan Darwis Rampi, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Gowa.

Warga Desa Barembeng sepakat memberi nama lembaga mereka “Sipakatau”. Sementara warga Desa Pakatto sepakat mengambil nama Assamaturu.

Hadirnya lembaga pelayanan kelompok rentan di setiap desa diharapkan menjadi solusi atas permasalahan masyarakat desa. Lembaga ini akan dikelola oleh warga yang sudah dilatih. Kepala Desa akan memberikan surat keputusan (SK) demi legalitas lembaga. Sekaligus sebagai Pembina lembaga.
(kem)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.8933 seconds (0.1#10.140)