Kurangi Beban Korban Bencana, Bupati Barru Salurkan Bantuan Tahap Kedua

Rabu, 19 Februari 2020 - 20:30 WIB
Kurangi Beban Korban Bencana, Bupati Barru Salurkan Bantuan Tahap Kedua
Bupati Kabupaten Barru, Suardi Sale saat menyalurkan bantuan tahap kedua untuk korban bencana alam. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan
A A A
BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru bersama Badan Amal Zakat, Infak dan Sedekah (Baznas), menyalurkan bantuan kemanusiaan tahap kedua kepada korban bencana alam di Kecamatan Balusu dan Mallusetasi, Rabu (19/2/2020).

Penyerahan bantuan kemanusiaan ini, dipimpin langsung Bupati Barru, Suardi Saleh, Wakil Ketua Baznas, La Minu Kalibu, Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam, serta Camat Mallusetasi La Nompo.

Dalam sambutannya, Suardi Saleh berharap bantuan ini bisa meringankan beban korban.

"Tugas pemerintah itu mengayomi masyarakat. Dan hari ini kita datang bersama Baznas untuk memberikan bantuan,” kata Suardi Saleh.

Sebelumnya, lanjut dia, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan yang sama di Desa Bojo. Lalu menyasar dua kecamatan lain yang jumlah korbannya tergolong banyak akibat banjir dan angin puting beliung yang merusak sejumlah rumah.

"Bantuan ini memang tidak seberapa. Tapi setidaknya mampu meringankan beban kita semua. Ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Barru. Kita berharap dan berdoa semoga bencana ini tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Berdasarkan data, jumlah warga yang menjadi korban bencana alam di Balusu, yakni 40 kepala keluarga yang tersebar di lima desa. Masing-masing, Desa Balusu, Madello, Binuang, Takkalasi, dan Lampoko.

Sedangkan di Mallusetasi, jumlah korban mencapai 87 kepala keluarga yang tersebar di tujuh desa dan kelurahan, yakni Desa Kupa, Bojo, Mallawa, Palanro, Cilellang, Nepo, dan Manuba.

Camat Balusu, Andi Ika Syamsu Alam menambahkan, bantuan tahap kedua disalurkan setelah melalui pendataan oleh masing-masing kepala desa dan lurah.

"Bantuan tahap pertama telah diserahkan saat cepat tanggap sesaat setelah kejadian dengan sasaran rumah atau keluarga yang memiliki tingkat dampak bencana yang rusak berat,” pungkasnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6990 seconds (0.1#10.140)