Pemkab Lutra Siapkan Rp11 M untuk Proyek Akses ke Pelabuhan Munte

Jum'at, 21 Februari 2020 - 20:01 WIB
Pemkab Lutra Siapkan Rp11 M untuk Proyek Akses ke Pelabuhan Munte
Bupati Lutra Indah Putri Indriani menyebut pihaknya menyiapkan anggaran Rp11 miliar untuk percepatan penyelesaian proyek akses ke Pelabuhan Munte. Foto/dok Pemkab Lutra
A A A
MASAMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) menggenjot penyelesaian jalan menuju Pelabuhan Munte. Guna merealisasikan itu, kembali dialokasikan anggaran Rp11 miliar di APBD 2020. Penyelesaian proyek itu penting lantaran Kementerian Perhubungan meminta agar akses itu dituntaskan sebelum pelabuhan beroperasi secara resmi.

“Ini bukti komitmen pemerintah daerah melalui APBD Tahun Anggaran 2020. Walaupun kita sulitnya minta ampun, tapi demi mendukung sektor agro-industri di Luwu Utara, maka kita alokasikan Rp11 miliar lebih untuk menyelesaikan jalan Munte,” kata Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, dilansir dari laman resmi Pemkab Lutra.

Setelah akses menuju Munte dibenahi, IDP-sapaan karib Indah Putri Indriani, mengharapkan agar lalu lintas perdagangan di sektor perkebunan semakin lancar, khususnya kelapa sawit. “Kita berharap harga sawit (TBS) di Luwu Utara bisa semakin kompetitif di pasaran yang pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan petani, khususnya petani sawit,” ujar dia.

Bahkan ia meyakini harga sawit yang sekarang berkisar Rp 1.250/kg bisa tembus sampai Rp 1.300/kg, bahkan bisa tembus Rp 1.500/kg. “Saya dapat bocoran dari BPS bahwa pertumbuhan ekonomi Luwu Utara kembali meningkat dari tahun sebelumnya 8,4 (persen). Dan ini masih didominasi oleh sektor perkebunan,” terang IDP.

“Jadi tidak keliru kebijakan Pemkab Luwu Utara untuk selalu men-support sektor perkebunan ini. Sekarang tinggal masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk sama-sama mengawalnya."

“Ayo kita kawal sama-sama. Legislatif dan eksekutif sudah berkomitmen untuk mendukung apa yang diharapkan masyarakat. Semua ini demi kesejahteraan masyarakat Luwu Utara,” tandas bupati perempuan pertama di Sulsel ini.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9155 seconds (0.1#10.140)