Kantor Imigrasi Polman Komitmen Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat

Senin, 24 Februari 2020 - 10:44 WIB
Kantor Imigrasi Polman Komitmen Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat
Kantor Imigrasi Polman membuka layanan informasi keimigrasian dan layanan paspor secara online pada CFD di Pantai Polewali. Foto/Imigrasi Polman
A A A
POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) berkomitmen mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu metode yang dijalankan yakni mendirikan booth pelayanan keimigrasian di kawasan Car Free Day (CFD) Pantai Bahari pada Minggu (23/2/2020) kemarin.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Polewali, John S. R. Maturbongs, mengungkapkan pihaknya memberikan Layanan Informasi Keimigrasian dan Layanan Pendaftaran Antrean Paspor secara Online pada CFD.

Layanan Informasi Keimigrasian meliputi penyebaran brosur dokumen persyaratan permohonan paspor serta waktu penyelesaiannya. Selain itu, masyarakat juga dapat bertanya dan berkonsultasi dengan costumer service yang bertugas di booth Layanan Informasi Keimigrasian.

Kantor Imigrasi Polman Komitmen Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat

Petugas Imigrasi Polman membagikan brosur terkait layanan keimigrasian. Foto/Kantor Imigrasi Polman

Sementara, Layanan Pendaftaran Antrian Paspor secara Online, John menjelaskan merupakan layanan yang ditujukan bagi masyarakat yang masih merasa kesulitan melakukan pendaftaran secara daring. Pendapaftaran paspor online diketahui bisa dilakukan melalui aplikasi Layanan Paspor Online (dapat diunduh di Google Playstore atau App Store) ataupun website.

John menjelaskan dibukanya ruang pelayanan di luar kantor cukup penting untuk mendekatkan Kantor Imigrasi Polman dengan masyarakat. “Dengan begini kita bisa langsung mendengar kebutuhan masyarakat. Tidak canggung karena kita di luar kantor. Non formal,” papar John, dalam keterangan resminya kepada SINDOnews, Senin (24/2/2020).

Hal serupa disampaikan oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman, Syoni Nurwenda. Pejabat yang juga berlaku sebagai Ketua Tim Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Kanim Polewali ini mengatakan kegiatan ini dapat secara langsung menyosialisasikan pembangunan ZI Kanim Polewali pada masyarakat.

“Jadi mereka tahu kalau kita sedang menuju WBK. Sehingga, mereka dapat memberikan dukungannya pada kita,” jelas Syoni.

Kantor Imigrasi Polman Komitmen Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat

Petugas Imigrasi Polman berbaur dengan masyarakat mensosialisasikan program dan layanan keimigrasian. Foto/Imigrasi Polman

Kegiatan kemarin itu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat yang berada di Kawasan Car Free Day Pantai Bahari. Sejak pagi hingga menjelang siang, terdapat beberapa masyarakat yang mengunjungi booth Kanim Polewali dan menerima layanan Keimigrasian.

Salah satunya adalah Nurlaelah, seorang pegawai kesehatan yang mengaku akan bertugas sebagai petugas medis pada Ibadah Haji Tahun 2020 dari Kabupaten Polman. Di booth Kanim Polewali, Nurlaelah mendapatkan pendampingan pendaftaran antrian paspor secara online.

“Pelayanannya sangat baik. Tadi ada masalah teknis, tapi petugas tetap membantu sampai selesai," tandasnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2931 seconds (0.1#10.140)