Evakuasi WNI Awak Kapal Diamond Princess Siap Dimulai

Sabtu, 29 Februari 2020 - 17:42 WIB
Evakuasi WNI Awak Kapal Diamond Princess Siap Dimulai
Kapal pesiar Diamond Princess, tempat ratusan penumpang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, terlihat di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, Jepang 10 Februari 2020. Foto/REUTERS/Kim Kyung-Hoon
A A A
TOKYO - Evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Diamond Princess siap dimulai. Hal itu menyusul tibanya tim evakuasi dari Indonesia di Jepang. Persiapan proses evakuasi terhadap WNI kru kapal pesiar pun segera dimulai, dimana tim evakuasi dilaporkan tengah menggelar rapat.

"Tim Evakuasi WNI ABK Diamond Princess yang terdiri dari unsur Kemenlu, Kemenkes, TNI dan Garuda Indonesia telah bergabung dengan KBRI Tokyo. Hari Sabtu ini telah memulai proses persiapan untuk evakuasi para WNI tersebut dengan mengadakan rapat," tulis pernyataan KBRI Tokyo yang diterima SINDOnews.com, Sabtu (29/2/2020).

KBRI Tokyo menyebut ada tiga mitra penting yang akan berperan dalam kelancaran evakuasi atas WNI di kapal yang dilanda wabah virus corona, COVID-19. Tiga mitra tersebut juga telah menjalin hubungan baik dengan KBRI Tokyo selama proses karantina para awak kapal.

Tiga mitra tersebut adalah Kemenlu Jepang, aparat Otoritas Kesehatan Jepang dan pihak manajemen Princess Cruises. "Serta para WNI sendiri yang kita jaga semangatnya walaupun mereka tetap harus bekerja saat dikarantina," lanjut KBRI Tokyo.

Kapal yang berlabuh di dekat Yokohama itu membawa 3.771 orang yang terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 kru dari 56 negara. Sebanyak 78 WNI bagian dari kru kapal tersebut. Sejauh ini ada delapan WNI yang terinfeksi Covid-19 dan menjalani perawatan di Jepang.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8219 seconds (0.1#10.140)