Topang Ibu Kota Negara Baru, Pelabuhan di Sulsel Ini Dirancang Jadi KEK

Sabtu, 29 Februari 2020 - 21:03 WIB
Topang Ibu Kota Negara Baru, Pelabuhan di Sulsel Ini Dirancang Jadi KEK
Pelabuhan Garongkong dirancang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang akan turut menopang IKN di Kaltim. Foto/Twitter @upp_garongkongoto/
A A A
BARRU - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Bupati Barru Suardi Saleh meninjau pembangunan Pelabuhan Garongkong pada Sabtu (29/2/2020). Pelabuhan ini dirancang menjadi kawasan ekonomi khusus alias KEK di Sulsel yang akan menopang ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Bupati Barru Suardi Saleh mengungkapkan diproyeksikannya pelabuhan di daerahnya itu menjadi KEK sudah dipersiapkan pihaknya. Hal itu dibuktikan dengan perencanaan pembangunan daerah, dimana pihaknya sudah membuat peraturan daerah atau perda terkait Pelabuhan Garongkong menjadi KEK.

"Ini sejalan dengan perencanaan kita. Ya karena di kawasan Pelabuhan Garongkong ini Perda kita sudah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus," ujar Suardi yang mengapresiasi pemerintah pusat dan provinsi atas diproyeksikannya Pelabuhan Garongkong menjadi KEK.

gub-menhub
Menhub RI Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau sejumlah proyek infrastruktur. Foto/Pemprov Sulsel

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menambahkan provinsinya sedari dulu memang sudah menjadi penopang Kaltim, khususnya dari sektor pangan. Hal itu pun dipastikannya akan berlanjut saat daerah itu menjadi ibu kota negara baru. Dilanjutnya keberadaan Pelabuhan Garongkong tentunya akan memperkuat posisi Sulsel sebagai penyangga kebutuhan ibu kota negara baru.

Gubernur Nurdin menegaskan Sulsel akan terus mempermantap dan berbenah untuk daerah penyangga, khususnya menjadi pemasok berbagai kebutuhan pembangunan di ibu kota negara baru. "Oleh karena itu, kita hadir di sini dalam rangka kita memperkuat pengembangan Pelabuhan Garongkong Jadi saya yakin dan percaya, kalau kita bersinergi Insya Allah kita akan mendukung program ini akan lebih cepat lagi," ucapnya.

Guna mendukung pembentukan KEK, Menteri Budi sendiri menyarankan agar kerja sama pengelolaan Pelabuhan Garongkong dipegang oleh BUMN (Pelindo IV), BUMD, dan pihak swasta. "Saya sarankan, boleh mayoritas (BUMN), tetapi harus mengajak swasta, baik dalam negeri atau luar negeri," jelasnya.

Pembangunan KEK ini juga didukung dengan pembangunan infrastruktur jalur kereta api Trans Sulawesi (Makassar-Parepare).
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3813 seconds (0.1#10.140)