Ini Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona di Sulawesi Selatan

Rabu, 04 Maret 2020 - 12:16 WIB
Ini Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona di Sulawesi Selatan
Sejumlah rumah sakit di Sulsel siap menjadi rujukan penanganan pasien virus corona. Foto/Instagram Nurdin Abdullah
A A A
MAKASSAR - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merilis 100 rumah sakit alias RS yang bisa menjadi tempat rujukan untuk perawatan masyarakat yang mengalami infeksi virus corona. Di Sulsel, dari daftar Kemenkes RI mencatat ada enam RS yang menjadi rujukan penanganan virus corona.

Keenam rumah sakit itu yakni Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, RSU Andi Makkasau Kota Parepare, RSU Lakipadada Tana Toraja, RSU Akademis Jaury Makassar, RS Islam Faisal Makassar dan RSUD Sinjai di Kabupaten Sinjai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Nurul Amin, membenarkan ada 100 rumah sakit rujukan penanganan virus corona di Indonesia. Namun, untuk di Sulsel, dia hanya menyebut lima rumah sakit, tidak termasuk RSUD Sinjai.

“Sebenarnya ada 100 (RS rujukan) di Indonesia, ada lima di antaranya di Provinsi Sulawesi Selatan. Itukan sesuai SK Kemenkes untuk penunjukan seperti itu,” kata dia kepada SINDOnews.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari, juga membantah jika RSUD Sinjai ditunjuk sebagai salah satu rujukan penanganan terkait virus korona. Di Sulsel, ia malah menyebut hanya RSUP Wahidin Sudirohusodo yang berstatus rujukan untuk penanganan virus corona.

Menurut dia, ihwal rilis dari Kemenkes RI perihal rumah sakit rujukan penanganan virus corona tidak perlu dipersoalkan, apalagi dibesar-besarkan.

“Di Sulsel cuma RS Wahidin yang dijadikan rujukan penanganan virus corona, terkait rilis (Kemenkes) tidak usah dibesar-besarkan, karena kemungkinan data itu mengacu pada wabah flu burung yang melanda beberapa tahun lalu, dan kebutulan RSUD Sinjai mendapat gedung perawatan khusus flu burung,” tandasnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4819 seconds (0.1#10.140)