Dewan Minta Populasi Ikan Sapu-sapu di Wajo Dimanfaatkan

Senin, 09 Maret 2020 - 20:28 WIB
Dewan Minta Populasi Ikan Sapu-sapu di Wajo Dimanfaatkan
Dewan meminta Dinas Perikanan meminta populasi ikan sapu-sapu di Wajo dimanfaatkan. Foto: Istimewa
A A A
WAJO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, meminta Dinas Perikanan Kabupaten Wajo, agar lebih inovatif mengelola potensi ikan sapu-sapu alias ikan tokek yang dianggap hama bagi nelayan di Danau Tempe.

Hal itu diutarakan oleh Wakil Ketua I DPRD Wajo, Firman Perkesi, saat itu menjadi koordinator pada rapat kerja Komisi II DPRD dan Dinas Perikanan, di Gedung DPRD Wajo, Senin, (09/03/2020).

"Yang saya tekankan ke Pak Kadis Perikanan, Nasfari, bagaimana caranya ikan sapu-sapu itu bisa dikelola," ujarnya

Sebab, kata mantan Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDA-ESDM) Wajo 2009 lalu ini, populasi ikan sapu-sapu meningkatkan pesat di Danau Tempe.

Sehingga dalam rapat tersebut, dewan menyarankan Diskan menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian di kampus-kampus. Tujuannya, meneliti manfaat ikan sapu-sapu itu.

"Mulai dari cangkang kulitnya, daging, sampai telurnya. Tetapi hasil penelitiannya dibarengi dengan inovasi yang bernilai. Cangkangnya bisa diolah sebagai pakan ikan untuk tambak," sarannya.

Sementara, Kepala Diskan Wajo, Nasfari mengaku, sudah menjajaki hubungan komunikasi dengan empat kampus di tahun 2020 ini.

Yakni, Unhas Makassar, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Bosowa (Unibos) dan Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima).

"Tetapi yang sudah kita melakukan pertemuan baru Unhas. Sementara lainnya baru sebatas konsep," sebutnya.

Ia pun belum bisa memutuskan, universitas yang akan disetujui berkerjasama. Sebab masih ingin menilai pemaparan dari kampus lainnya.

"Yang mana nanti efektif dan maksimal kita nilai, itu kita jajaki," tutupnya.

(ADV)
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7024 seconds (0.1#10.140)