Tak Perlu Jijik, Ini Manfaat Tak Terduga Mengecek Bentuk Kotoranmu

Rabu, 11 Maret 2020 - 00:05 WIB
Tak Perlu Jijik, Ini Manfaat Tak Terduga Mengecek Bentuk Kotoranmu
Mungkin terdengar menjijikkan, namun tidak ada salahnya mengecek kotoran atau tinja saat buang air besar. Foto : Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Mungkin terdengar menjijikkan, namun tidak ada salahnya mengecek kotoran atau tinja saat buang air besar. Sebab ternyata, bentuk dan kondisi tinja bisa mengindikasikan kesehatan yang kamu alami saat ini. Kamu sedang sakit atau tidak, bisa kamu lihat dari bentuk kotoranmu.

1. Berbentuk Cair
Tinja berbentuk cair mengindikasikan diare berat. Ini juga bisa menjadi pertanda keracunan makanan, intoleransi laktosa, infeksi bakteri, atau asupan obat. Minumlah banyak air untuk melawan dehidrasi, jika gejalanya tidak hilang dalam dua hari, segeralah ke dokter.

2. Berbetuk Kacang
Tinja yang berbentuk kacang atau kotoran kambing bisa mengindikasikan sembelit parah dan tubuh sedang kekurangan serat.

3. Berbentuk Seperti Benjolan Lunak
Tinja berbetuk seperti benjolan lunak bisa mengindikasikan diare ringan. Bentuk ini juga bisa menjadi tanda sindrom iritasi usus besar. Agar lebih baik, cobalah mengonsumsi makanan berserat rendah seperti pisang atau kentang.

4. Berbentuk Seperti Sosis yang Padat
Tinja berbentuk seperti ini juga bisa disebabkan oleh sembelit. Selain itu konsumsi obat anti diare dan kurangi aktivitas fisik sebab itu juga bisa menjadi pemicunya.

5. Berbentuk Seperti Sosis Retak-retak
Jika kamu mengeluarkan tinja seperti ini, maka tubuh kamu dalam kondisi sehat atau normal
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0153 seconds (0.1#10.140)