Dampak Corona, MotoGP Seri Amerika Serikat Terancam Tak Sesuai Jadwal

Selasa, 10 Maret 2020 - 13:25 WIB
Dampak Corona, MotoGP Seri Amerika Serikat Terancam Tak Sesuai Jadwal
MotoGP seri Amerika Serikat yang harusnya menjadi seri pembuka kelas MotoGP terancam tertunda. Foto: MotoGP
A A A
MIES - Setelah MotoGP seri Qatar 2020 sebagai dampak penyebaran virus Corona, kini giliran seri Amerika Serikat yang juga terancam penyelenggaraannya. Itu disampaikan Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Jorge Viegas.

Dilansir dari Autosport, Viegas menyampaikan bahwa penyelenggaraan balapan seri Amerika Serikat terancam tidak sesuai jadwal. Saat ini, pihak penyelenggara tengah memikirkan perubahan jadwal ke waktu yang lain.

"Peluang Grand Prix Amerika Serikat diadakan pada 5 April sangat rendah. Kami sudah bekerja untuk mencari tanggal alternatif untuk balapan di Austin. Tetapi, pada saat ini segala sesuatunya berkembang begitu cepat sehingga kami tidak dapat mengatakan lebih banyak,” ujar Viegas, Selasa (10/3/2020).

Rencana perubahan jadwal ini disebabkan karena Kota Austin yang bakal menjadi tempat penyelenggaraan balapan tersebut, kini dinyatakan tengah berada dalam keadaan darurat.

Tak hanya itu, kendala untuk menggelar balapan di Amerika Serikat juga datang dari faktor lain di luar negara tersebut. Salah satunya adalah keputusan pemerintah Italia untuk mengisolasi 11 provinsi di Italia hingga 3 April 2020 demi menghentikan penyebaran virus Corona.

Karantina ini bakal turut berdampak terhadap gelaran MotoGP karena ada pembalap hingga kru tim yang berada di 11 provinsi tersebut. Salah satunya bahkan pembalap gaek Yamaha, Valentino Rossi, yang berada di kampung halamannya, Tavullia, Provinci Urbino.

Seperti diketahui, balapan untuk kelas MotoGP di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, dibatalkan akhir pekan ini. Pemerintah Qatar menerapkan kebijakan ketat soal izin masuk pendatang dari Italia dan Jepang. Selain menjalani pemeriksaan, mereka akan langsung dikirim ke karantina selama 14 hari, tak terkecuali kru-kru MotoGP.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3348 seconds (0.1#10.140)