Pasar Citra Baraka Segera Direhabilitasi Pasca Kebakaran

Rabu, 11 Maret 2020 - 17:36 WIB
Pasar Citra Baraka Segera Direhabilitasi Pasca Kebakaran
Puing-puing kios para pedagang usai kebarakan yang melanda Pasar Citra Baraka Enrekang. Foto: Sindonews/Aris Bafauzi
A A A
ENREKANG - Pemerintah Kabupaten Enrekang bakal melakukan rehabilitasi pasar Citra Baraka, yang terbakar pada Selasa, (10/03/2020).

Bupati Enrekang Muslimin Bando bahkan sudah mengumpulkan jajarannya, untuk menangani musibah yang ditaksi menimbulkan kerugian hingga Rp30 miliar tersebut.

Bahkan bupati mengirim perwakilan Dinas Perdagangan Enrekang ke Jakarta, untuk melaporkan ke Kementerian Perdagangan terkait musibah itu.

"Hari ini kita kumpulkan semua jajaran demi maksimalkan penanganan pasca kebakaran. Demi percepatan rehabilitasi pasar, pihak Kementerian telah menerima laporan kerugian yang dikirim Pemkab Enrekang melalui Dinas perdagangan yakni Rp30 miliar rupiah," ujar Muslimin, Rabu (11/3/2020).

Adapun rincian kerugian berupa bangunan fisik Rp20 miliar dan kerugian barang dagangan milik pedagang Rp10 Miliar. Lewat pertemuan dengan jajarannya, Bupati meminta agar semua yang hadir untuk menyampaikan ke masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan demi menghindari terjadinya kembali musibah kebakaran.

Dirinya menjelaskan, dalam sebulan ini merupakan musibah kebakaran yang ketiga, setelah sebelumnya kata dia, terjadi di Kecamatan Cendana dan Kota Enrekang.

"Untuk itu kita saya pribadi dan seluruh jajaran meminta masyarakat lebih waspada dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran," tambahnya.

Berdasarkan data kepolisian kebakaran kali ini diduga disebabkan arus pendek listrik, bahkan api langsung membakar ratusan kios milik pedagang di dalam pasar tersebut.

Aliansi Masyarakat Anggeraja Rudi Lakawan menyayangkan penanganan kebakaran di Kabupaten Enrekang terbilang tidak maksimal. Kebakaran yang terjadi di Kecamatan Baraka, harus menunggu dulu truk Damkar dari Kecamatan Anggeraja dan Kota Enrekang.

"Terlambat tiba tentunya. Karena unit Damkar baru didatangkan dari kecamatan lain. Dan dari Ibukota Enrekang. Jarak kecamatan Baraka cukup jauh menempuh satu jam lebih. Keburu api sudah merembet luas," ujar Rudi.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4411 seconds (0.1#10.140)