Judas Harap Pengolahan Kakao di Palopo Bisa Dikembangkan

Rabu, 11 Maret 2020 - 18:18 WIB
Judas Harap Pengolahan Kakao di Palopo Bisa Dikembangkan
Wali Kota Palopo Judas Amir saat menghadiri penutupan Diklat Pengolahan Kakao yang digelar Balai Diklat Industri Makassar. Foto: Istimewa
A A A
PALOPO - Wali Kota Palopo HM Judas Amir, memberikan apresiasi terhadap diklat pengolahan kakao yang digelar di kantor Balai Diklat Industri Makassar. Bahkan diharap bisa dikembangkan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Palopo, Judas Amir saat menghadiri penutupan pada Rabu (11/3/2020). Yang juga dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

Diketahui pada pelatihan tersebut 15 orang dari Palopo turut menjadi peserta dalam pengolahan kakao berbasis industri.

Ia menjelaskan, peserta pelatihan ini sangat beruntung karena telah mendapat pelajaran dan kompetensi untuk pengembangan dirinya ke depan.

"Tidak perlu lagi berpikir menjadi PNS," kata Judas.

Wali Kota dua periode ini menambahkan, pelatihan seperti ini perlu terus dikembangkan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama dalam pengelolaan kakao.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Palopo, memotivasi para peserta Diklat untuk bersungguh sungguh mengikuti pendidikan agar keluar dari balai ini bisa memiliki keahlian.

Dirinya mendorong para pencari kerja untuk tidak selalu mengandalkan pekerjaan sebagai ASN. Tetapi lebih pada membuka peluang kerja dan usaha sendiri tentunya dibekali dengan keahlian.

Pemerintahan Kota Palopo, kata dia senang bisa bekerja sama dengan Balai Diklat Industri Makassar.

Kepala Pusat Diklat BPSDMI Kementerian Perindustrian RI, Dadi Marhadi yang menutup diklat ini secara khusus mengapresiasi kehadiran Wali Kota Palopo, HM Judas Amir.

Ia mengatakan, kehadiran Wali Kota Palopo menjadi bukti tingginya perhatian dan komitmen wali kota dalam pengembangan skill warganya terutama dalam pengolahan kakao berbasis industri.

"Ini sebuah bentuk keseriusan dan perhatian khusus dari seorang kepala daerah dan yang patut kita apresiasi. Sekaligus, kehadiran Wali Kota Palopo sebagai motivasi dan penghargaan bagi kami," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palopo, Judas Amir, diberi kesempatan membuka kegiatan ini, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tingkat provinsi yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Industri (BDI) di Makassar, sejak Senin, 17 Februari lalu.

Diklat ini ikuti oleh peserta yang merupakan yang berasal dari tiga provinsi di Pulau Sulawesi, yakni, Provinsi Sulawesi Selatan, (Sulsel) Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Adapun beberapa daerah di Sulsel yang mengikuti kegiatan diantaranya Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Makassar, serta Jeneponto. Peserta dari Sulawesi Tenggara yakni dari buton dan peserta dari Sulawesi Barat yakni Majene juga turut serta pada pelatihan tersebut.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0027 seconds (0.1#10.140)