Pemkot Siapkan Rp100 Miliar untuk Bangun Trotoar Tanjung Bunga

Kamis, 12 Maret 2020 - 07:57 WIB
Pemkot Siapkan Rp100 Miliar untuk Bangun Trotoar Tanjung Bunga
Pembangunan trotoar di Jalan Metro Tanjung Bunga saat ini sudah memasuki tahap inventaris lahan. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Pembangunan trotoar di Jalan Metro Tanjung Bunga saat ini sudah memasuki tahap inventaris lahan. Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Answart mengatakan tahap inventaris dilakukan usai melakukan pengukuranlahan-lahan di Jalan Metro tersebut.

Answart membeberkan bahwa pembangunan akan dilakukan secara bertahap, saat ini pembangunan untuk Jalan Metro Tanjung Bunga baru akan memasuki tahap pertama. Terlebih jalur pedestarian tersebut memang dirancang cukup lebar agar nyaman bagi para pejalan kaki, diperkirakan sekitar 25 meter.

Dia menjelaskan bahwa anggaran yang digelontorkan pada tahap pertama ini sebesar Rp100 miliar, untuk satu kilometer pengerjaan. "Total jalan itu enam kilo kalau pembangunan tahap pertama itu cuma sekiloan," kata Answart

Meski demikian Aswart cukup Pesimis jumlah tersebut cukup untuk menutupi pekerjaan pada tahap pertama ini. "Tapi anggaran tahap pertama kan Rp 100 milliar,100 milliar kayaknya itu, kalau kita perencanaan nda cukup ki itu 100 ia," katanya.

Sementara ditanya perihal progres lebih lanjut, Answart menuturkan belum ada kepastian termasuk tender proyek itu sendiri. Dia menyebutkan, bahwa hal itu akan dilakukan setelah tahap inventaris rampung sepenuhnya. "Kalau perencanaan tendernya nda ada masalah langsung bisa, tapi sekarang kan kalau lahan belum siap bagaimana caranya, sekarang belum adapi angka-angka baru kemarin selesai diukur," ucapnya.

Sebelumnya pemerintah diketahui menggelontorkan sejumlah besar anggaran untuk membangun jalur pedestarian alias trotoar di beberapa titik di Kota Makassar pada tahun ini.

Total anggaran itu ditaksir sebesar Rp130 miliar dengan menyasar diantaranya Jalan Monginsidi, Jalan Haji Bau, Jalan Landak, Jalan Ahmad Yani - Jendral Sudirman, dan Jalan Metro Tanjung Bunga.

Jalan Metro Tanjung Bunga diketahui menggunakan anggaran terbesar yaitu Rp100 miliar. Pembenahan di daerah tersebut gencar dilakukan setelah penyerahan aset oleh PT GMTD.

Sebelumnya Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Makassar, Darlis menjelaskan bahwa untuk pengerjaan tersebut bahkan diberikan beberapa kelengkapan lain seperti bangku dan lampu jalan. "Jadi tidak cuma jalur pedestrian kita benahi tapi termasuk kelengkapannya. Tapi desainnya masih direncanakan," ucapnya.

Selain Jalan Metro Tanjung Bunga, Jalan Ahmad Yani - Jalan Jendral Sudirman diketahui menjadi penganggaran terbesar kedua yakni mencapai Rp17,5 miliar.

Panjang jalan yang akan dibenahi sekitar 1 kilometer dengan lebar mencapai 15 meter. Jalan Monginsidi dan Jalan Haji Bau masing-masing anggarannya Rp3 miliar.

Khusus di Jalan Monginsidi panjang jalur dibangun kurang lebih 500 meter mulai dari ujung Jalan Jendral Sudirman sampai lampu merah Jalan Rusa. Jalan Haji Bau yang akan dibenahi yakni di sisi Selatan sepanjang 500 meter.

Sementara untuk jalan Landak, anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 6,4 Milliar dengan panjang 2 km. Jalan-jalan tersebut diketahui masih dalam tahap perecanaan, Darlis menjelaskan, sisa menunggu tahap perencanaan dan nantinya akan kemudian di tender.

Belum ada kejelasan kapan waktu pastinya. "Belum ada dokumennya saya pegang, memang dalam pagu anggaran kita sudah ada, tinggal apa model jenis pekerjaannya," pungkasnya.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1234 seconds (0.1#10.140)