alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Makassar Bekuk 10 Pengeroyok Dosen Unsulbar

Faisal Mustafa

MAKASSAR - Tim Jatanras Polrestabes Makassar membekuk 10 pelaku pengeroyokan terhadap dosen Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Andi Baso Faisal. Korban diketahui dikeroyok gara-gara terlibat sengketa lahan di Jalan Hertasning Baru, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulsel pada Rabu (11/3/2020) lalu.

Juru bicara Polrestabes Makassar, Kompol Supriady Idrus, menyatakan para pelaku rata-rata warga Kabupaten Gowa. Mereka yakni Sahabuddin Dg Sijaya (50), Heriyanto (32), Basir (45), Rudi (35), Zaenal (27), Jamaluddin (26), Firman (36), Syamsuddin (49), Dg Nai (50) dan Baba (45).

"Sudah diamankan kemarin dan sekarang sementara diperiksa penyidik. Betul korbannya dosen di Sulawesi Barat. Luka memar pada mata sebelah kanan, luka pada tangan kiri, pipi sebelah kiri bengkak, dan leher sebelah kanan tergores," jelas Supriady kepada SINDOnews, Jumat (13/3/2020).



Berdasarkan hasil pemeriksaan, terungkap motif pengeroyokan dipicu persoalan sengketa lahan antara korban dengan salah satu pelaku. Berawal ketika Dosen Fakultas Ekonomi itu mengecek tanah yang diakui adalah miliknya di Jalan Hertasning Baru.

Tetiba salah satu pelaku yakni Sahabuddin Dg Sijaya datang dan mengklaim bahwa lahan yang dikunjungi korban adalah miliknya. "Terus Dg Sijaya ini ajak korban ke satu tempat tidak jauh dari lokasi. Ternyata di situ ada rekan-rekan pelaku lagi, langsung menghajar korban," jelas Supriady.

Kanit Jatanras Polrestabes Makassar, Iptu Eka Bayu Budhiawan, menambahkan selain mengamankan para pelaku, pihaknya juga menemukan beberapa senjata tajam di sekitar lokasi penangkapan. "Senjata tajam, jenis parang dua buah, busur ada empat," ungkap Bayu.

Hingga kini para pelaku bersama barang bukti berada di Mapolrestabes Makassar guna proses hukum lebih lanjut. Mereka terancam pasal 170 KUHP tentang penganiayaan secara bersama-sama dengan ancama hukuman 7 tahun penjara.



(tyk)