alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Usai Umumkan Darurat Nasional, Trump Akan Jalani Tes Corona

Berlianto

WASHINGTON - Diduga terpapar virus corona, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan menjalani tes Corona.

"Saya pikir saya akan tetap melakukannya," kata Trump, meskipun ia tidak berkomitmen untuk memberitahukan hasil tesnya. "Kami sedang menyusun jadwal," ungkap Trump saat menanggapi pertanyaan wartawan di Rose Garden Gedung Putih usai mengumumkan keadaan darurat nasional pandemi Corona, seperti dilansir dari Politico, Sabtu (14/03/2020).

Trump mengatakan ia tidak mengalami gejala penyakit apa pun, tetapi sedang berkonsultasi dengan dokternya tentang apakah dan kapan untuk melakukan tes tersebut.



Gedung Putih sendiri belum mengkonfirmasi apakah Trump telah melakukan tes corona, meskipun Trump pada Selasa lalu mengatakan ia terbuka untuk diuji.

Sebelumnya, Trump menyatakan darurat nasional atas pandemi virus corona baru, COVID-19. Langkah presiden AS ini membuka kekuatan tambahan dan pendanaan untuk tanggap bencana dan melibatkan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) dalam upaya mengekang penyebaran wabah tersebut.

"Untuk melepaskan kekuatan penuh pemerintah federal," kata Trump dalam pidatonya. "Saya secara resmi mendeklarasikan keadaan darurat nasional," tegasnya.



(sss)