alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Istri Perdana Menteri Spanyol Positif Virus Corona Usai Jalani Tes

Berlianto

MADRID - Virus Corona terus menyebar ke sejumlah negara, bahkan sudah menginfeksi puluhan pejabat negara. Termasuk istri Perdana Menteri Pedro Sanchez positif terinfeksi COVID-19, setelah melakukan tes.

Dalam pernyataannya, pemerintah Spanyol mengatakan Begona Gomez dan perdana menteri dalam kesehatan yang baik dan mengikuti instruksi dari otoritas medis di kediaman mereka di La Moncloa Palace di Madrid, seperti disitir dari ABC News, Minggu (15/3/2020).

Sebelumnya dua menteri Kabinet Sanchez, menteri kesetaraan dan menteri urusan regional, telah dinyatakan positif virus Corona pada awal pekan ini. Pemerintah mengatakan keduanya sehat-sehat saja.



Sementara anggota kabinet yang lain dinyatakan negatif.

Pernyataan ini muncul tak lama setelah Sanchez memberikan pidato untuk mengumumkan serangkaian tindakan yang akan diambil pemerintahnya untuk memerangi pandemi selama dua minggu keadaan darurat.

"Suatu keadaan siaga tinggi akan berlangsung 15 hari, itu dapat diperpanjang dengan izin Kongres. Otoritas yang kompeten akan menjadi Pemerintah Spanyol, selama keadaan siaga tinggi, orang akan dapat bergerak di sekitar jalan hanya untuk membeli makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok," kata Sanchez dalam sebuah pernyataan.

Sebelum pidatonya, Sanchez memimpin pertemuan kabinet selama tujuh jam yang dihadiri oleh semua menteri kecuali untuk mereka yang dites positif.

Otoritas kesehatan mengatakan bahwa infeksi virus Corona telah mencapai 5.753 orang di Spanyol, setengahnya di Madrid, sejak kasus pertama terdeteksi pada akhir Januari. Itu mewakili peningkatan lebih dari 1.500 kasus infeksi virus Corona secara nasional dalam 24 jam.



(agn)