Gerindra Bakal Usung Petahana pada Pilkada Soppeng

Senin, 16 Maret 2020 - 22:45 WIB
Gerindra Bakal Usung Petahana pada Pilkada Soppeng
Gerindra diprediksi akan mengusung petahana pada Pilkada Soppeng 2020. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulsel berencana mengusung petahana pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Soppeng 2020. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin.

Wawan-sapaan akrabnya, menjamin tiga kursi Gerindra di Soppeng akan berlabuh ke Andi Kaswadi Razak. Tak adanya calon lain yang mengikuti tahapan di partainya menjadi salah satu indikator utama.

"Kita hanya mengirim satu nama untuk Pilkada Soppeng yakni petahana (Andi Kaswadi Razak). Soalnya hanya beliau yang ikut fit and proper test. Jadi sudah fix kita ke petahana," kata Wawan saat ditemui di DPRD Sulsel, Senin (16/3/2020).

Dia mengatakan partainya juga tak mempermasalahkan pasangan petahana yakni Lutfi Halide. Sehingga Gerindra komitmen akan mengusung Andi Kaswadi dan kader Nasdem tersebut.

"Kita kan tidak punya opsi lain. Jadi kita setuju-setuju saja dengan paket ini (Andi Kaswadi Razak dan Lutfi Halide)," ujar Wawan.

Karena arah dukungan sudah final, Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menjelaskan, pihaknya akan langsung memberikan surat rekomendasi ke paket petahana. Bukan lagi surat tugas.

"Jadi nanti kita tinggal serahkan surat rekomendasi berformat KPU. Untuk dipakai mendaftar, karena pasangannya kan sudah ada," jelasnya.

Sejauh ini, paket petahana sudah mengantongi tiga rekomendasi partai politik. Yakni PKB (1 kursi), PPP (1 kursi) dan Golkar (12 kursi). Total 14 kursi tersebut sedianya sudah melebihi dari yang dipersyaratkan oleh KPU Soppeng yakni hanya enam kursi.

Sementara itu, Andi Dulli-sapaan Andi Kaswadi, memang mengincar Gerindra sebagai salah satu parpol pengusungnya. Lantaran pada Pilkada Soppeng 2015 lalu, partai besutan Prabowo Subianto itu menjadi pengusungnya dan berhasil menang.

"Kami terus berupaya mencari parpol lain. Apalagi yang pernah mengusung kami di Pilkada sebelumnya. Tentu kami berkewajiban kembali untuk mengajak bersama-sama dalam Pilkada Soppeng ini. Mudah-mudahan apa yang kami harapkan bisa terwujud," kata Andi Dulli.

Selain Gerindra, tiga parpol lainnya juga masih menjadi incaran Andi Dulli. Ketiga parpol tersebut yakni PDIP, PAN dan PKS.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0486 seconds (0.1#10.140)