Pemkab Bantaeng Mulai Jalankan Protokol Pencegahan Covid-19

Selasa, 17 Maret 2020 - 16:01 WIB
Pemkab Bantaeng Mulai Jalankan Protokol Pencegahan Covid-19
Bupati Bantaeng Ilham Azikin saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan protokol pencegan penyebaran covid-19. Foto/SINDOnews/Eky Hendrawan
A A A
BANTAENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng mulai menjalankan protokol pencegahan penyebaran virus corona alias covid-19. Protokol itu mulai dilaksanakan hari ini, Selasa (17/3/2020) hingga 14 hari ke depan. Hal itu menjadi keputusan dalam rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Azikin.

Rapat koordinasi tersebut diselenggarakan bersama seluruh Forkopimda di Kabupaten Bantaeng. Rapat yang berlangsung di ruang pola itu dihadiri oleh seluruh pimpinan kewilayahan, camat, desa dan lurah, serta pimpinan OPD di daerah berjuluk Butta Toa ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ilham menyebut sejumlah poin protokol pencegahan covid-19. Di antaranya yakni apel pagi ditiadakan hingga absen ASN yang akan kembali dilakukan secara manual.

Dia menambahkan hal lain yang dilakukan adalah pembatasan penerimaan tamu/kunjungan dalam jumlah besar dari luar Bantaeng. Selain itu, juga ditiadakan perjalanan dinas, khususnya ke daerah-daerah yang sudah dikonfirmasi positif corona.

Kata Bupati Ilham, sejumlah kebijakan yang tertuang dalam rapat ini adalah kesepakatan dan kebijakan yang tertuang dalam protokol yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Ini bukan sebagai bentuk kepanikan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, namun sebagai tindak lanjut dari instruksi protokol yang dikeluarkan oleh pemerintah yang lebih di atas," jelas dia.

Menurut Ilham, upaya ini sebagai bentuk pencegahan. Dia berharap Bantaeng menjadi salah satu daerah yang terbebas dari wabah corona."Lebih baik mencegah daripada mengobati," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin, meminta warga di daerahnya untuk tidak panik berlebihan. Kendati demikian, warga memang patut tetap mawas diri demi mengantisipasi tertularnya virus ini.

Dia juga meminta agar masyarakat berdoa kepada Tuhan agar tidak terpapar virus ganas asal China ini. "Kita optimis semua dilindungi dari penyebaran virus corona ini," tutupnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2285 seconds (0.1#10.140)