Tim Supervisi Program KKBPK Pantau Kampung KB di Kota Palopo

Selasa, 17 Maret 2020 - 16:23 WIB
Tim Supervisi Program KKBPK Pantau Kampung KB di Kota Palopo
Guna mengoptimalisasikan KKBPK tim supervisi melakukan kunjungan kerja ke kampung keluarga berencana di Kota Palopo, Selasa (17/3/2020). Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Guna mengoptimalisasikan program kelurga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK), tim supervisi melakukan kunjungan kerja ke kampung keluarga berencana (KB) di Kota Palopo, Selasa (17/3/2020).

Dari sembilan titik kelurahan kampung KB yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kota Palopo, tiga di antaranya dikunjungi langsung oleh tim supervisi. Yakni Kelurahan Dangerakko, Kelurahan Takkalala dan Kelurahan Pontap.

Saat di lapangan, rombongan tim ini didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palopo, Farid Kasim Judas yang akrab disapa FKJ.

Menurut FKJ, sejalan dengan tujuan dibentuknya kampung KB yakni untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya.

FKJ berharap, dapat mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Melalui kunjungan tersebut, diharapkan wilayah yang sudah ditetapkan dapat memenuhi standar kampung KB.

"Melalui kunjungan ini, minimal kita bisa memantau langsung hal apa yang belum tersentuh, terlaksana maupun yang belum terpenuhi pada aspek program integrasi," ungkapnya.

Ia melanjutkan, untuk pelaksanaan program itu sendiri, wajib sifatnya di mana seluruh komponen pemerintah ikut terlibat untuk melaksanakan dan menyukseskan program ini.

Untuk memaksimalkan itu, di setiap wilayah kampung KB sudah tersedia penyuluh atau UPT yang tugasnya memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana membangun keluarga yang terencana.

"Untuk harapan dan target di 2020 di semua kampung KB ke depannya dapat memenuhi standar, ada output di masyarakat artinya lingkungannya sehat, pola pikir masyarakat sudah baik dan masyarakatnya juga dapat membangun usaha ekonomi produktif," jelas FKJ.

Kunjungan tim supervisi juga melibatkan perangkat daerah yang sejak awal berkolaborasi untuk menunjang optimalnya program kampung KB yang ada di masing-masing kelurahan yang diharapkan dapat melaksanakan pembangunan sektor terkait secara sistemis.

"Jadi kebutuhan masyarakat yang ada di kampung KB tidak hanya berupa infrastruktur tapi juga penyuluhan dan program-program edukasi mulai dari edukasi pendidikan anak usia dini, sampai dengan perencanaan pembangunan keluarga," tandasnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8687 seconds (0.1#10.140)