Pemkab Lutra Terima 2 Penghargaan dari BPKP Sulsel

Selasa, 17 Maret 2020 - 18:54 WIB
Pemkab Lutra Terima 2 Penghargaan dari BPKP Sulsel
Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani menerima penghargaan dari BPKP Sulsel. Foto: Humas Pemkab Lutra
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) kembali meraih dua penghargaan. Masing-masing Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 dan Kapabilitas APIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Arman Syahri Harahap menyerahkan penghargaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 kepada Bupati Lutra, Indah Putri Indriani. Sementara penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 diserahkan ke Inspektur Inspektorat Lutra, Muchtar Jaya di aula La Galigo kantor bupati, Selasa (17/3/2020).

Menurut Arman Syahri Harahap, capaian ini bukanlah sesuatu yang mudah tanpa adanya komitmen dari pemerintah daerah, khususnya Bupati Lutra. Sebab terus berupaya meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan, serta pengawasan internal oleh APIP yang berjalan baik.

“Luwu Utara menjadi satu dari sedikit Pemda yang ada di Indonesia yang bisa menyandingkan dua penghargaan sekaligus, yaitu Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 dan Kapabilitas APIP Level 3. Ini prestasi yang sangat luar biasa,” kata Arman dalam rilisnya.

Menurutnya, diserahkannya dua sertifikat ini berarti Lutra menjadi pemkab yang mampu memenuhi target RPJMN 2015 – 2019.

Sementara itu, Bupati Indah Putri Indriani dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKP dan seluruh pihak yang ikut berjasa dalam peningkatan tata kelola keuangan daerah, sehingga penghargaan ini bisa diraih.

“Ini adalah motivasi bagi kami untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini berharap, dengan hadirnya dua penghargaan sekaligus dari BPKP, maka dirinya pun akan terus berupaya untuk selalu memastikan bahwa potensi sumber daya keuangan daerah dapat betul-betul digunakan secara optimal.

“Yang paling penting sebenarnya adalah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu pula dilakukan Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Lutra dengan BPKP Provinsi Sulsel tentang peningkatan kualitas tata kelola Pemkab Lutra.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0139 seconds (0.1#10.140)