Bupati Maros Beri Bantuan APD ke Petugas Medis RS Salewangan

Senin, 23 Maret 2020 - 12:25 WIB
Bupati Maros Beri Bantuan APD ke Petugas Medis RS Salewangan
Bupati Maros, HM Hatta Rahman memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk petugas kesehatan yang bertugas di RS Salewangan. APD ini merupakan bantuan pribadi Hatta Rahman untuk mengatasi kelangkaan APD. Foto : SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Bupati Maros, HM Hatta Rahman memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk petugas kesehatan yang bertugas di RS Salewangan. APD ini merupakan bantuan pribadi Hatta Rahman untuk mengatasi kelangkaan APD.

Penyerahan secara simbolis APD ini dilakukan di ruang Bupati Maros, Senin (23/03/2020) kepada Dirut RS Salewangan dan Kadis Kesehatan Kabupaten Maros.

“APD saat ini sangat sulit didapatkan, kalaupun ada harganya melonjak tinggi maka bantuan APD ini diharapkan dapat membantu petugas kesehatan dengan APD yang memadai khususnya di RS Salewangan yang memiliki ruang isolasi untuk PDP (Pasien dalam Pengawasan-red),” beber Hatta.

Hatta mengatakan, saat ini petugas medis yang berhadapan langsung baik dengan ODP, PDP dan pasien positif paling rentan terinfeksi covid-19 jika tidak dibekali dengan APD yang memadai.

“Kita lihat di beberapa rumah sakit sudah mulai kekurangan APD sampai tenaga medis harus memakai APD dari jas hujan atau kantong sampah. Kita berharap di Maros tidak seperti itu,” kata Hatta. Jumlah APD yang telah dipesan oleh Hatta secara pribadi mencapai 200 unit. “Yang baru datang 20 unit, sementara kita masih menunggu pengiriman APD lagi karena di Makassar sudah sangat sulit didapatkan,” papar Hatta.

Sementara itu, Sekretaris daerah Maros Andi Davied Syamsuddin menjelaskan, saat ini di Maros ada 10 orang dalam pemantauan (ODP), mayoritas ODP ini merupakan warga yang baru pulang umroh. “Ada juga PDP 2 orang dengan rincian satu di Maros dan satu lagi ke Makassar, tapi informasi terakhir dua PDP ini sudah pulang karena kondisinya membaik dan menjalankan isolasi mandiri tapi tetap dipantau oleh tenaga medis. Semua ODP di Maros dalam pemantauan secara ketat oleh tenaga medis di Puskesmas,” pungkasnya.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1002 seconds (0.1#10.140)