Tiadakan Jam Besuk, Rutan Pangkep Siapkan Layanan Video Call

Senin, 23 Maret 2020 - 13:20 WIB
Tiadakan Jam Besuk, Rutan Pangkep Siapkan Layanan Video Call
Rutan Pangkep menyiapkan layanan video call kepada warga binaan yang untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Untuk mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19 di lingkungan Rumah Tahanan Kelas IIB Pangkep, sistem besuk tatap muka langsung ditiadakan, menggantikan hal itu Rutan Pangkep menyiapkan layanan video call.

Hal itu disampaikan Kepala Rutan Kelas IIB Pangkep, Ashari. Menurutnya, kebijakan tersebut sudah dilakukan dalam sepekan terakhir. Pihak rutan menyiapkan dua unit komputer lengkap dengan kamera kepada narapidana untuk berkomunikasi dengan keluarganya.

"Sudah sepekan kita berlakukan. Sebelum kebijakan video call ini, kami sempat memberlakukan pengurangan jumlah pengunjung yang boleh masuk keruang besuk tapi karena penyebaran Corona sangat masif, kita pakai video call," jelasnya, Senin (23/03/2020).

Ia mengatakan, dengan kondisi rutan yang padat, maka salahsatu jalan untuk memutus mata rantai penyebaran virus yaitu melakukan pengawasan terhadap siapa saja yang boleh masuk ke rutan. Dengan video call ini, narapidana tetap mendapatkan haknya untuk bertemu dengan keluarga maupun kolega yang ingin membesuk.

Selain memberlakukan video call, pihak rutan juga menyediakan tempat cuci tangan di area rutan dan melakukan penyemprotan disinfektan keseluruh ruangan.

"Semuanya kami semprot. Kami berusaha keras rutan ini aman dari Corona. Setiap pagi seluruh napi kami suruh berjemur secara bergiliran," pungkasnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6908 seconds (0.1#10.140)