Wabah Corona, Operasional Pelindo IV Tetap Berjalan Seperti Biasa

Senin, 23 Maret 2020 - 17:32 WIB
Wabah Corona, Operasional Pelindo IV Tetap Berjalan Seperti Biasa
Terminal peti kemas Pelindo IV, Makassar, saat diabadikan beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menegaskan bahwa seluruh operasional bongkar muat barang di Terminal Petikemas Makassar (TPM) tetap berjalan seperti biasanya, meski virus corona tengah menjadi wabah di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang, mengatakan walaupun saat ini virus corona sedang mewabah, tetapi kegiatan operasional utamanya bongkar muat barang di pelabuhan tetap berjalan normal.

“Tentunya kami [Pelindo IV] bekerja sama dengan Otoritas Pelabuhan, Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda kapal serta seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK), sebelum melakukan sandar kapal di pelabuhan,” katanya, Senin (23/3/2020).

Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV, Riman S. Duyo, menambahkan bahwa pihaknya selalu siap melayani setiap kunjungan kapal yang masuk maupun keluar dari pelabuhan.

“Hanya saja kami [Pelindo IV] tetap menerapkan beberapa perlakuan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku selama masa tanggap darurat Covid-19 diberlakukan oleh Pemerintah,” ujarnya.

Misalnya kata Riman, dengan melakukan pemeriksaan terutama untuk kapal-kapal asing, bekerja sama dengan instansi terkait (KKP), dengan jarak +/- 2 mil dari dermaga tempat sandar kapal. “Jika oleh KKP telah dinyatakan clear and clean, barulah kapal bisa sandar,” ucapnya.

Antisipasi Corona
Farid menambahkan sejauh ini pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di seluruh pelabuhan kelolaan. Di antaranya dengan melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermal scanner, tak hanya kepada seluruh staf dan karyawan tetapi juga kepada semua penumpang kapal.

“Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa area publik seperti terminal penumpang dan sudah menerapkan social distancing di terminal penumpang untuk menjaga jarak."

"Sejak Minggu (15 Maret 2020), kami juga sudah melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum seperti tangga, garbarata, tempat duduk di terminal penumpang maupun area publik lainnya,” sambung Dirut Pelindo IV ini.

Selanjutnya tutur Farid, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan melakukan pemantauan dan pelaporan terkait antisipasi wabah covid-19 di seluruh wilayah Pelindo IV melalui grup WhatsApp, teleconference maupun video conference dan mulai membatasi rapat yang menghimpun banyak orang.

“Bahkan sejak hari ini, Senin (23 Maret 2020), Manajemen Pelindo IV juga sudah menerapkan Work From Home (WFH) bagi semua staf dan karyawan. Bagi karyawan yang berusia di atas 50 tahun, sudah benar-benar diwajibkan untuk WFH. Serta menginstruksikan kepada seluruh staf dan karyawan untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga, serta senantiasa menerapkan pola hidup sehat,” tukasnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7609 seconds (0.1#10.140)