Rumput Laut Disulap jadi Produk Kesehatan

Rabu, 11 Oktober 2017 - 18:01 WIB
Rumput Laut Disulap jadi Produk Kesehatan
Rumput Laut Disulap jadi Produk Kesehatan
A A A
MAKASSAR - Warga Sulawesi Selatan patut berbangga karena saat ini, produk komoditi rumput laut yang menjadi unggulannya tak hanya mampu di ekspor, tapi juga ternyata keberadaan bahan bakunya dapat dimanfaatkan untuk menjadi produk kesehatan dan kecantikan.

Ditangan Ratnasari, salah seorang penggiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), bahan baku rumput laut dapat dimix dengan berbagai bahan komoditi buah-buahan menjadi sesuatu lebih bernilai, yakni menjadi sabun kesehatan sekaligus kecantikan dan masker dengan jaminan kualitas produk terbaik.

Produk yang ditawarkannyapun, sudah diolah dan teruji klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bahkan khasiatnya sudah teruji dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, kusta dan lainnya.

"Sebenarnya saya sudah mulai meracik produk ini sejak 2013, itu bermula pasca di 2012 mengikuti training of trainer (TOT) berkaitan dengan industri rumput laut. Nah, saya berpikir potensi rumput laut Sulawesin Selatan besar, sangat sayang jika tidak dimanfaatkan untuk membuat produk lain yang lebih bermanfaat," ujarnya.

Makanya, dari situlah bermula sedikit demi sedikit produk dihasilkan, mulai dari menciptakan sabun memanfaatkan rumput laut jenis lawi-lawi lalu kemudian cottoni dan mencampurnya dengan bahan kopi, belimbing, bengkoang, daun kelor, jeruk dan lainnya. Di bawah naungan brand produk bulan bintang, lalu kemudian Ratnasari mengembangkan usahanya.

"Alhamdulillah, dari jualan sabun dan masket dengan modal awal Rp5 juta, kini sudah memperoleh omzet per bulan dikisaran Rp60 juta dengan kemampuan produksi 5.000 sampai 10.000 pieces. Sementara, market yang disasar masih di segmen pemasaran konvensional yang sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke,” terangnya.

Ratnasari menuturkan, seluruh produknya dijamin halal dan menggunakan produk alami tanpa bahan pengawet. Makanya, berani menjamin jika penggunanya tidak akan merasakan efek samping tapi sebaliknya lebih baik.

"Jenis rumput laut ini memang sangat mujarab mematikan bakteri dan virus, makanya jika ada yang gatal-gatal lalu rutin menggunakan sangat cocok. Dari sisi harga, sangat terjangkau dipasarkan Rp10.000 per pieces untuk sabun, sementara untuk masker dikisaran Rp50.000 hingga Rp70.000," jelasnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1019 seconds (0.1#10.140)