Seri Jerez Ditunda, Kalender MotoGP 2020 Disusun Ulang

Kamis, 26 Maret 2020 - 22:37 WIB
Seri Jerez Ditunda, Kalender MotoGP 2020 Disusun Ulang
Penyelenggara MotoGP memutuskan untuk membatalkan seri Jerez, Spanyol. Foto: MotoGP
A A A
JEREZ - MotoGP seri Jerez, Spanyol yang sedianya dilaksanakan pada 3 Mei 2020 dibatalkan. Penyelenggara MotoGP Dorna Sports dan FIM mengambil keputusan ini setelah memperhatikan wabah Covid-19 yang tak kunjung redah.

Sebelum ini, penyelenggara juga telah membatalkan sejumlah seri lainnya, seperti seri pembuka Qatar, lalu seri berikutnya di Thailand, Austin, dan Argentina yang ditunda hinga akhir tahun.

Dengan hilangnya empat balapan terakhir, FIM akan segera mengeluarkan kalender baru. Namun, tanggal baru untuk GP Spanyol tidak akan diumumkan sampai situasi coronavirus di seluruh dunia menjadi lebih jelas.

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports menyesal mengumumkan penundaan Red Bull Gran Premio de Espana, yang akan diadakan di Circuito de Jerez-Angel Nieto mulai 1-3 Mei," demikian pernyataan lengkap FIM seperti dilansir motorsport.com.

“Wabah viru corona yang sedang berlangsung telah mewajibkan acara tersebut dijadwal ulang. Karena situasinya tetap dalam evolusi konstan, tanggal baru untuk GP Spanyol tidak dapat dikonfirmasi sampai menjadi lebih jelas kapan tepatnya akan dimungkinkan untuk mengadakan acara tersebut."

"Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera setelah tersedia," sambung pernyataan tersebut.

Penundaan juga membayangi Grand Prix Prancis dan Italia di Le Mans dan Mugello, dengan keputusan sebelumnya diharapkan digelar pada awal April, menurut promotor GP Prancis.

Penundaan Jerez juga berarti tes pra-musim terakhir dan putaran pembukaan Piala Dunia MotoE 2020 tidak akan terjadi.

Dorna sebelumnya menyatakan harapannya untuk tetap dapat menjalankan 19 balapan tersisa setelah pembatalan Qatar. Kalender yang direvisi terbaru yang dikeluarkan menunjukkan ada delapan balapan yang digelar dalam 10 pekan dengan musim sekarang tidak berakhir sampai 29 November di Valencia.

Namun, Dorna dan FIM tidak mengesampingkan opsi akan menjalankan musim lebih lama jika perlu, sementara dua balapan akhir pekan dan balapan di balik pintu tertutup juga telah diperdebatkan.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5811 seconds (0.1#10.140)