alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jusuf Kalla Pantau Penyemprotan Disinfektan di Johar Baru dan Pancoran

Maman Sukirman
Jusuf Kalla Pantau Penyemprotan Disinfektan di Johar Baru dan Pancoran
Ketua PMI Jusuf Kalla memantau penyemprotan disinfektan di wilayah Johar Baru dan Pancoran. Foto/Tim Media JK

JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), HM Jusuf Kalla alias JK, turun langsung memantau penyemprotan disinfektan di DKI Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Sterilisasi kali ini dipusatkan di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat dan Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, tepatnya di Kalibata.

Di Kecamatan Johar Baru, mantan Wakil Presiden RI itu memantau penyemprotan disinfektan bersama unsur tripika daerah setempat. Penyemprotan disinfektan dilakukan menggunakan mobil blower milik PMI.

Selain menggunakan mobil blower, dikerahkan pula relawan PMI yang memakai alat semprot gendong. Mereka berjalan kaki menyusuri jalan dan gang untuk melakukan sterilisasi.



Selepas memantau sterilisasi di Johar Baru, JK juga mengecek kegiatan serupa di Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran. Di wilayah ini, relawan PMI mengerahkan motor tiga roda untuk menyusuri jalan-jalan di Kalibata untuk disemprot disinfektan.

JK dalam keterangan persnya menyampaikan, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona alias covid-19. Upaya serupa sudah dilakukan China dan Korea Selatan dan terbukti berhasil.

Kata JK, agar mendapatkan hasil yang efektif, penyemprotan disinfektan idealnya dilakukan dua hari sekali. Pandemi covid-19 di Indonesia sendiri sudah menyebar ke hampir seluruh provinsi. DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah kasus positif terbanyak.



(tyk)