alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sulsel Tangani 33 Kasus Positif Corona, Terbanyak di Luar Jawa

Tri Yari Kurniawan

MAKASSAR - Sulsel mencatat penambahan empat kasus positif virus corona alias covid-19 per Sabtu (28/3/2020). Secara akumulatif, total sudah ada 33 pasien positif corona yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota lingkup Sulsel.

Dilansir data pusat, hingga pukul 12:00 WITA tercatat angka kasus positif corona di Sulsel merupakan yang terbanyak di luar Pulau Jawa. Sulsel menempati posisi keenam terkait kasus positif corona terbanyak di Indonesia.

Kasus positif terbanyak ada di DKI Jakarta yang mencapai 627 kasus. Disusul Jabar (119 kasus), Banten (103 kasus), Jatim (77 kasus) dan Jateng (55 kasus). Melonjaknya kasus positif di Sulsel tidak lepas karena adanya laboratorium di daerah itu yang bisa menguji sampel covid-19.



Juru Bicara Pemerintah khusus untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menyampaikan secara keseluruhan, ada penambahan 109 kasus per hari ini dari data sebelumnya 1.046 kasus.

"Sehingga, total menjadi 1.155 kasus (positif virus corona-red)," ujar Yuri, sapaan akrabnya, Sabtu (28/3/2020).

Sedangkan, pasien virus corona yang sembuh dan diizinkan pulang ke rumah, kata dia, bertambah 13 orang dari data sebelumnya, 46 orang. Artinya total pasien positif corona yang sudah sembuh menjadi 59 orang.

Di samping itu, jumlah orang yang meninggal dunia bertambah 15 orang dari data sebelumnya 87 orang. "Sehingga total kematian menjadi 102 orang," ujar dia.

Dengan bertambahnya data tersebut, Yuri menyebut penularan virus corona masih terjadi. "Bahwa kasus positif masih berada di tengah-tengah masyarakat, bahwa kontak dekat masih terjadi, bahwa kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun masih belum dimaksimalkan," tandasnya.



(tyk)