1 Mahasiswa ODP Covid-19, Seluruh Peserta KKN di Takalar Dipulangkan

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:28 WIB
1 Mahasiswa ODP Covid-19, Seluruh Peserta KKN di Takalar Dipulangkan
Suasana pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Takalar. Foto: Humas Pemkab Takalar
A A A
TAKALAR - Meningkatnya jumlah warga yang terindikasi Covid-19 membuat pemerintah Kabupaten Takalar semakin ketat dalam melakukan pengawasan.

Bukan hanya kepada warga, namun pengawasan juga dilakukan terhadap seluruh mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di sembilan kecamatan di Takalar.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, Bupati Takalar menginstruksikan agar mahasiswa yang sedang menjalankan KKN untuk sementara waktu dipulangkan masing-masing ke kampusnya hingga kondisi kembali kondusif.

Instruksi yang dikeluarkan oleh Bupati Takalar pada Sabtu 28 Maret kemarin juga dikarenakan salah satu mahasiswa yang sedang KKN di Takalar, masuk sebagaidaftar orang dalam pemantauan (ODP) oleh Dinas Kesehatan, karena menunjukkan gejala Covid-19.

"Salah satu mahasiswa KKN yang menunjukkan gejala deman tinggi 39,1°c, menggigil tidak batuk. Setelah ditelusuri oleh tim PSC, pasien ini memiliki riwayat kontak dengan salah satu teman KKNnya yang juga pernah kontak dengan salah satu dosen yang positif terkena Covid-19," papar Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Rahmawati dalam rilis yang diterima SINDOnews.

Dr Rahmawati menambahkan, keluhan pasien ODP ini muncul setelah kurang lebih sepekan pasca kontak dengan rekannya tersebut. Olehnya itu, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, pemerintah mengambil tindakan dengan memulangkan seluruh mahasiswa yang sedang KKN di Takalar.

"Alhamdulillah, Bapak Bupati sudah menindaklanjuti dengan menginstruksikan agar memulangkan ke kampusnya semua mahasiswa KKN yang ada di Takalar," tambah Kadis Kesehatan.

Sebelum memulangkan seluruh mahasiswa KKN, Dinas Kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh mahasiswa dan pemilik rumah posko KKN mahasiswa tersebut.

Hanya saja, Pemkab Takalar tidak menjelaskan mahasiswa KKN tersebut berasal dari kampus mana.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4655 seconds (0.1#10.140)