alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Efek Pandemi Corona, PSM Makassar Diliburkan hingga 29 Mei

Muhaimin Sunusi

MAKASSAR - Pandemi virus corona alias covid-19 berimbas pada dihentikannya Liga 1 2020 untuk sementara. Efeknya, sejumlah klub juga terpaksa meliburkan timnya. Tidak terkecuali PSM Makassar yang akan meliburkan pemain, tim pelatih dan ofisial hingga dua bulan mendatang.

"Tim diliburkan sampai tanggal 29 Mei dan para pemain dijadwalkan baru akan berlatih pada 1 Juni 2020," kata Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, saat dihubungi Senin (30/3/2020).

Kebijakan ini diambil menyusul keputusan PSSI meliburkan Liga 1 2020 dengan tanggal yang sama. PSSI menilai langkah ini diterapkan akibat wabah virus korona yang semakin mengkhawatirkan.



"Tim diliburkan sesuai instruksi dari tim pelatih," tambah Sule. Kebijakan ini juga tak dipersoalkan oleh manajemen PSM.

Sedianya, tim merencanakan akan menggelar latihan perdana di Makassar pada 31 Maret 2020. Namun karena situasi yang belum kondusif, manajemen dan pelatih sepakat menambah waktu libur panjang.

Penundaan agenda latihan ini merupakan yang kedua kalinya. Selain 31 Maret 2020, sebelumnya tim juga menjadwalkan latihan pada 15 Maret 2020 namun ditangguhkan.

Meski begitu, Sule menuturkan tim pelatih telah jauh hari memberikan pekerjaan rumah kepada seluruh pemain. Wiljan Pluim dkk diminta agar tetap berlatih demi menjaga kebugaran hingga nantinya kembali latihan.

"Untuk imbauan, para pemain diminta menjaga kondisi, tetap berlatih dan hindari peluang terjangkit korona. Tim pelatih juga sudah kirim materi workout untuk masing-masing pemain. Workout itu semacam senam," tuturnya.

Pemain muda PSM, Asnawi Mangkualam Bahar, terbilang disiplin dalam menjalankan program tim pelatih. Dia mengaku terus berlatih meski aktifitasnya hanya di rumah.

"Saya hanya tinggal di rumah. Tapi tetap melakukan latihan. Sesuai arahan pelatih, saya harus tetap bugar dan jaga kondisi," tutur Asnawi.



(tyk)