Pelindo IV Cabang Parepare Siapkan Bilik Disinfeksi untuk Penumpang

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:28 WIB
Pelindo IV Cabang Parepare Siapkan Bilik Disinfeksi untuk Penumpang
Pemeriksaan suhu tubuh penumpang oleh petugas Pelindo IV Cabang Parepare. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Kota Parepare melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Parepare, Muhammad Ilyas mengatakan, berbagai langkah preventif sudah dilakukan mulai Februari 2020, sejak terbitnya surat edaran Dirut PT Pelindo IV untuk mengantisipasi wabah Covid-19.

“Begitu kasus ini mencuat di Indonesia, PT Pelindo IV termasuk PT Pelindo IV Cabang Parepare langsung mengambil berbagai langkah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Hal itu karena pelabuhan cukup riskan, mengingat ini adalah salah satu pintu keluar masuk orang dan barang di Kota Parepare dan sekitarnya,” terang Ilyas.

Dia menuturkan, langkah atau upaya yang dilakukan pihaknya di antaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan, terutama untuk fasilitas umum yang ada di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Seperti kursi, tangga menuju ke kapal hingga alat untuk mengangkut barang penumpang juga disemprot dengan cairan disinfektan. Semua penumpang yang akan naik dan turun juga kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat thermal scanner,” tuturnya.

Menurutnya, untuk penyemprotan dengan cairan disinfektan, Pelindo IV Cabang Parepare bekerja sama dengan Pemkot Parepare. Sementara untuk pemeriksaan suhu tubuh, pihaknya bekerja sama dengan karantina kesehatan, dibantu Dinas Kesehatan Kota Parepare. Para petugas memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang akan naik dan turun dari kapal.

Tak hanya itu, Manajemen Pelindo IV Cabang Parepare juga menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik untuk mencuci tangan di tempat-tempat umum, seperti terminal penumpang dan dekat akses masuk ke dalam gedung kantor.

Juga dilakukan social distancing atau pembatasan sosial atau menjaga jarak utamanya di terminal penumpang, agar ada jarak minimal satu meter bagi para penumpang yang sedang menunggu kapal dan sebagainya.

“Penumpang yang antre masuk ke terminal dan yang akan naik ke atas kapal pun kami siapkan social distancing.” katanya.

Bahkan saat ini lanjut Ilyas, pihaknya juga sudah menyediakan bilik penyemprotan disinfektan bagi penumpang kapal yang akan masuk dan keluar dari terminal.

“Bilik penyemprotan kami siapkan dua unit, agar penumpang yang akan masuk dan keluar tak perlu mengantre terlalu lama,” ujarnya.

Dalam melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya penyebaran virus Corona tambah Ilyas, Pelindo IV Cabang Parepare selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemkot Parepare dan instansi di lingkungan Pelabuhan Parepare, seperti KSOP, Polsek Pelabuhan, Karantina Kesehatan, juga Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dinas Perhubungan Kota Parepare, Satpol PP Kota Parepare, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah, serta camat setempat.

“Kami selalu bekerja sama dan berkolaborasi melakukan penyemprotan kepada semua penumpang yang turun maupun barang yang masuk. Serta melakukan pemeriksaan suhu badan yang dilakukan oleh Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare,” tukasnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3434 seconds (0.1#10.140)