alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PP PBSI Respons Positif Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

Luqman Zainuddin

JAKARTA - PP PBSI menanggapi positif keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunda pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020. Bagi PBSI, penundaan ini akan digunakan untuk mengavaluasi performa para atlet.

"Ini kan force majeur yang tidak bisa dihindari, jadi tidak ada untung dan rugi. Positifnya, kami bisa mempersiapkan diri lebih baik menuju olimpiade tahun depan," beber Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto seperti dikutip dari laman Badminton Indonesia, Selasa (31/3/2020).

"Misalnya kalau dilihat dari hasil terakhir di All England 2020, pemain andalan di ganda putra masih ada kesulitan, dan kami sebetulnya berharap banyak dari sektor tunggal putra, namun kedua sektor ini masih belum bisa memenuhi harapan," sambung Budiharto.



Di All England lalu, ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon tumbang oleh wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Pasangan Jepang itu juga menaklukkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, juara bertahan All England 2019 di babak perempat final.

Sementara dua tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie terhenti di babak awal turnamen bulu tangkis tertua di dunia tersebut.

Dengan adanya perubahan jadwal ini, maka PBSI kata Budiharto harus kembali mengatur ulang program latihan dan persiapan atlet menuju olimpiade, rencana dan kuota pengiriman pemain ke turnamen, maupun penentuan jadwal turnamen internasional dan nasional.

"Pasti akan ada penyesuaian, dengan situasi seperti ini, kami akan menentukan mana yang menjadi skala prioritas," ungkap Budiharto.

Budiharto melanjutkan, saat ini PBSI masih menunggu keputusan federasi bulu tangkis dunia (BWF) mengenai kepastian proses kualifikasi olimpiade.

Begitupun dengan pengaturan ulang jadwal turnamen yang ditunda, termasuk turnamen-turnamen internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia seperti Blibli Indonesia Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 100, dan lainnya.

Sekadar diketahui, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunda pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 menjadi tanggal 23 Juli-8 Agustus 2021.



(man)