Perangi Corona, Disinfeksi Dilakukan di Sepanjang Jalan Poros Lutra

Selasa, 31 Maret 2020 - 16:31 WIB
Perangi Corona, Disinfeksi Dilakukan di Sepanjang Jalan Poros Lutra
Kendaraan taktis milik Polri dipakai untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan poros Lutra. Foto/SINDOnews/Fitra Budin
A A A
MASAMBA - Segenap elemen di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menyatakan perang melawan virus corona alias covid-19. Manifestasi peperangan itu diwujudkan dengan melakukan disinfeksi berupa penyemprotan disinfektan secara masif di sepanjang jalan poros.

Pemkab Lutra dibantu TNI, Polri, PMI, Tagana, Karang Taruna, Pramuka dan segenap elemen masyarakat melakukan sterilisasi di jalan poros Trans Sulawesi. Mulai dari perbatasan Luwu-Luwu Utara hingga Luwu Utara-Luwu Timur.

Bukan hanya penyemprotan disinfektan masif, pengawasan pintu masuk juga diperketat. Di semua perbatasan didirikan posko sebagai lokasi pengecekan dan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh kendaraan yang masuk ke Lutra.

“Penyemprotan ini adalah salah satu upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” tutur Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lutra, Muslim Muchtar, Selasa (31/3/2020).

Muslim menyebutkan penyebaran covid-19 sangat cepat, sehingga dibutuhkan upaya kolaboratif dan masif oleh seluruh pihak guna mencegah penyebaran virus berbahaya ini. “Partisipasi warga dalam mendukung protokol kesehatan sangat kita harap yaitu tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak dan menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain."

"Selain itu, juga rajin mencuci tangan menggunakan sabun, melakukan karantina mandiri apabila baru pulang dari daerah yang terpapar covid-19, serta melapor ke layanan kesehatan terdekat apabila batuk, demam, dan sesak nafas." sambung Muslim.

Jika kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah ini sudah dijalani dengan baik dan disiplin oleh masyarakat, maka mata rantai penyebaran covid-19 diyakini akan terputus. Dalam waktu tidak lama, Indonesia diyakininya bisa keluar dari situasi mewabahnya virus ini.

“Insya Allah, situasi ini akan segera kita atasi bersama. Ya tentu dengan dukungan seluruh pihak,” tandasnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3310 seconds (0.1#10.140)