Tak Perlu Khawatir ke Pasar, Pemkot Sudah Siapkan Westafel Portable

Rabu, 01 April 2020 - 08:33 WIB
Tak Perlu Khawatir ke Pasar, Pemkot Sudah Siapkan Westafel Portable
Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar telah menyiapkan sejumlah westafel portabel di sejumlah pusat keramaian. Foto : SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Warga Kota Makassar yang terpaksa harus keluar berkunjung di pusat keramaian untuk memenuhi kebutuhan pangannya, tidak perlu khawatir, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar telah menyiapkan sejumlah westafel portabel.

Westafel portabel ini disiapkan, agar warga tidak repot mencari tempat cuci tangan sehingga penyebaran virus Covid-19 di Kota Makassar tidak meluas.

Adapun pusat keramaian yang kini dilengkapi westafel portable yakni Pasar Butung, Pasar Pannampu, Pasar Terong, Pasar Tradisional Daya dan Lapangan Hertasning.

"Ini perintah Pj Wali Kota ke PDAM, jadi karena kebetulan kita ini bergerak di bidang air bersih maka pak Pj Wali Kota mengamanahkan kepada direksi untuk membuat ini," ujar humas Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Muhammad Rusli kepada SINDOnews.

Lebih lanjut, Rusli menjelaskan bahwa untuk sementara total westafle yang rencananya akan dipasang sebanyak 12 buah yang masih akan disebar lagi ke sejumlah titik strategis.

"Iya 12 rencana kita mau pasang, tapi yang baru selesai itu delapan unit," tambah Rusli.

Diakui bahwa sasaran utama pemasangan memang diprioritaskan untuk pasar-pasar terlebih dahulu, kemudian beberapa titik kumpul keramaian seperti taman dan lapangan olahraga.

Direktur Utama PDAM Makassar Hamzah Ahmad menjelaskan bahwa westafel untuk cuci tangan merupakan kebutuhan yang wajib bagi masyarakat di tengah situasi seperti sekarang ini, sehingga di luar tempat-tempat utama yang akan dipasang bisa saja akan ditambah ke semua titik di Kota Makassar.

"Yah pokoknya setiap kebutuhan masyarakat fasilitas umum (Westafel) akan kita bagikan," ucapnya.

PDAM sendiri kata Hamzah telah melakukan pengecekan rutin terhadap semua alat yang telah dipasang. Ada tim khusus yang ditugaskan untuk me-refill seluruh tangki jika memang air atau sabunnya telah habis, sehingga semua alat tetap bisa berjalan normal.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb telah memantau sejumalah titik pemasangan tersebut untuk memastikan alat sudah terpasang dengan baik.

Dirinya menjelaskan, tujuan utama dibuatnya westafel tersebut tidak lain untuk memberi kesempatan bagi warga yang terpaksa ke luar rumah untuk berbelanja agar bisa tetap steril.

"Agar lebih aman, kita siapkan tempat cuci tangan lengkap dengan air dan sabunnya yang nantinya akan terus di-suply oleh PDAM kota Makassar” katanya.

Ia berharap warga betul-betul memanfaatkan alat yang telah disediakan tersebut. "Diharapkan warga selalu mampir cuci tangan ditempat yang disiapkan . Selain itu, pengetatan social distancing di antara warga, serta seruan untuk tetap tinggal di rumah akan terus kita gelorakan," pungkasnya.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1516 seconds (0.1#10.140)