Tangkal Covid-19, Penyemprotan Disinfektan Massal Dilakukan di Gowa

Rabu, 01 April 2020 - 14:16 WIB
Tangkal Covid-19, Penyemprotan Disinfektan Massal Dilakukan di Gowa
Penyemprotan disinfektan massal dilakukan di Kabupaten Gowa demi menangkal Covid-19. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Ribuan masyarakat Kabupaten Gowa dari 18 kecamatan bergerak serentak melakukan penyemprotan disinfektan massal, Rabu (1/4/2020).

Penyemprotan secara massal ini tidak hanya menyasar fasilitas umum, tetapi sampai ke rumah-rumah penduduk.

Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kegiatan ini melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, TNI, Polri, Satpol PP, Pramuka dan sejumlah organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Kabupaten Gowa.

Menurut Adnan, Covid-19 sudah menjadi pandemi yang terjadi di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Olehnya itu, penyemprotan disinfektan secara massal ini sebagai upaya pemkab dalam mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Ini salah satu cara memutus mata rantai penularan Covid-19 ini," ujarnya saat memimpin langsung apel bersama pelaksanaan penyemprotan disinfektan secara massal wilayah Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa.

Orang nomor satu di Gowa ini meminta agar petugas yang terlibat dalam penyemprotan ini juga bisa mengedukasi masyarakat terkait bahaya dari Covid-19 dan meminta masyarakat mengikuti arahan pemerintah, yakni sementara waktu tinggal di rumah dan beribadah di rumah seperti arahan MUI.

Penanganan Covid-19 ini kata Bupati Adnan dibutuhkan kerja sama dan dan dukungan dari semua pihak.

"Mari kita bergerak bersama-sama dan tentunya berdoa dan berikhtiar agar Covid-19 ini tidak lagi menular di Kabupaten Gowa," harapnya.

Sementara itu, Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola mengatakan penyemprotan disinfektan secara serentak ini merupakan hal sangat efektif untuk memutus rantai dari penularan Covid-19 Kabupaten Gowa.

"Untuk penyemprotan secara bersama-sama itu harus sampai ke tingkat RT/RW melaksanakannya. Jadi harus dilaksanakan serentak semua mulai dan RT/RW dan sebagainya dan itu bisa dikondisikan dan koordinasikan dari tingkat desa sampai RT/RW yang ada sehingga semua sekaligus," kata Kapolres Gowa.

Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini, ia juga berharap semua elemen terlibat termasuk relawan dan organisasi-organisasi yang ada. Seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pramuka.

"Untuk antisipasi terakhir kita harus berpikir hal terburuk yang mungkin terjadi. Makanya kita semua harus bergerak, semua elemen masyarakat. Jadi mungkin ada yang mengkoordinir para relawan PMI, kemudian pramuka dan sebagainya untuk sewaktu-waktu yang bisa dimanfaatkan," tambahnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1142 seconds (0.1#10.140)