Ajaib, Ternyata Jalan Mundur Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Kamis, 02 April 2020 - 00:52 WIB
Ajaib, Ternyata Jalan Mundur Bisa Tingkatkan Fungsi Otak
Berjalan mundur mungkin adalah yang tak biasa dilakukan dan kerap dianggap sepele. Padahal sesungguhnya, ada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Berjalan mundur mungkin adalah yang tak biasa dilakukan dan kerap dianggap sepele. Padahal sesungguhnya, ada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Meningkatkan Detak Jantung
Berdasarkan hasil penelitian yang dilansir dari National Center for Biotechnologi Information (NCBI) menunjukkan bahwa dengan kecepatan sama, manfaat jalan mundur dapat meningkatkan denyut jantung dan kebutuhan oksigen ketimbang jalan maju.

2. Meningkatkan Fungsi Otak
Ketika Anda sedang berjalan mundur, Anda akan mengalami kesulitan yang lebih dibanding jalan maju, sehingga Anda didorong untuk lebih fokus agar bisa mengatur keseimbangan. Inilah yang membuat fungsi otak Anda meningkat. Menurut penelitian Dr. Schacter dengan rajin berjalan mundur, Anda bisa mengingat kejadian-kejadian sebelumnya secara akurat.

3. Meningkatkan Daya Tahan Kaki
Meskipun jalan ke depan (normal) selalu hari Anda lakukan namun jalan mundur yang hanya sesekali justru lebih dapat meningkatkan daya tahan kaki. Sebuah penelitian yang dilakukan Journal of Biomechanic menemukan fakta bahwa berlari mundur bisa mengurangi nyeri lutut anterior dibandingkan dengan berlari biasa.

4. Mengurangi Gaya dan Tekanan pada Lutut
Menurut penelitian dua profesor bernama Barru Bates dan Janet Dufek dari University Oregon jalan mundur membantu mengurangi gaya dan tekanan pada lutut. Ini mungkin digunakan bagi siapa saja yang mengalami nyeri ketika naik tangga atau latihan lunge atau squat.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5139 seconds (0.1#10.140)