alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tahapan Pilkada 2020 Ditunda, Pengawas Pemilu di Sulsel Tetap Jalankan Tugas

Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel), Saiful Jihad menyampaikan, walau tahapan pilkada ditunda, pengawas pemilu tetap melakukan sejumlah kegiatan.

"Meski tahapan pilkada ditunda, tugas pengawas pemilu tidak berarti juga ditunda. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh pengawas pemilu," kata Saiful dalam rilis yang diterima SINDOnews, Rabu (1/4/2020).

Kegiatan tersebut kata dia, mulai dari pengawasan terkait dengan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan, termasuk kajian strategi yang bisa dilakukan dalam kondisi interaksi fisik dibatasi.



Lalu penguatan kapasitas jajaran pengawas pemilu, dengan memanfaatkan media teknologi informasi yang tersedia. Bawaslu juga akan membuka kelas online terkait penguatan pengawasan partisipatif, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal proses demokrasi di setiap perhelatan.

"Pengawasan terhadap kegiatan yang sifatnya non-tahapan, seperti netralitas ASN, dan yang lain," ungkap Saiful.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan menunda tahapan pilkada serentak 2020. Penundaan ini dilakukan akibat wabah virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas dan membutuhkan perhatian yang dari semua lembaga.



(man)