alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hadapi Olimpiade Tokyo, Pelatih Siapkan Latihan Khusus untuk Hendra/Ahsan

Luqman Zainuddin

JAKARTA - Pelatih Ganda Putra Bulu Tangkis Indonesia, Herry Iman Pierngadi akan menyiapkan program latihan khusus untuk Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menghadapi Olimpiade Tokyo.

Program khusus ini disiapkan lantaran Hendra/Ahsan adalah pemain paling senior di ganda putra Indonesia.

"Akan ada susunan program baru, khususnya untuk Hendra/Ahsan yang sudah senior, semakin bertambah usia kan stamina semakin menurun, ini yang harus dijaga. Program khusus ada, tapi sekarang belum bisa dibicarakan karena masih terkendala libur karena wabah corona," jelas Herry seperti dikutip dari laman Badminton Indonesia, Kamis (2/4/2020).



Saat ini, Hendra/Ahsan berada di peringkat dua dunia di bawah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Hendra/Ahsan sejauh ini punya peluang besar untuk menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo yang pelaksanaannya ditunda hingga tahun depan.

Herry mengakui, program yang sudah disiapkan untuk menghadapi olimpiade Juli ini, harus disesuaikan kembali.

"Memang sudah disiapkan untuk peak-nya di bulan Juli ini, tapi keadaannya seperti ini. Saya rasa (keputusan olimpiade ditunda) kan demi kebaikan bersama," sambung Herry.

Selama masa waktu hingga olimpiade dilaksanakan, akan dimanfaatkan Herry untuk mengevaluasi performa tim ganda putra. Khususnya Kevin/Marcus yang masih belum mampu lepas dari kekalahan atas ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Diketahui, Endo/Watanabe kembali menjegal Marcus/Kevin di partai final All England 2020 bulan Maret lalu.

"Namanya di pertandingan, banyak faktor yang menentukan seorang pemain bisa jadi juara. Tim kami harus latihan lagi, banyak evaluasi, memang kemarin kalah tapi harus dilihat bagaimana kalahnya, proses ini yang lebih penting untuk pembelajaran," kata Herry.



(man)