Cegah Penyebaran Corona, Puluhan Napi di Pangkep Dipulangkan ke Rumah

Kamis, 02 April 2020 - 18:11 WIB
Cegah Penyebaran Corona, Puluhan Napi di Pangkep Dipulangkan ke Rumah
Puluhan narapidana di Pangkep bakal dipulang ke rumah setelah mendapatkan asimilasi untuk penanganan covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
PANGKEP - Puluhan narapidana yang menghuni Rumah Tahanan Kelas IIB Pangkep segera menghirup udara bebas. Para napi ini diperbolehkan pulang ke rumah lewat program asimilasi penanganan virus corona alias covid-19.

Kepala Rutan Kelas IIB Pangkep, Ashari, menyebut asimilasi ini dilakukan sebagai langkah mencegah penyebaran corona. Diketahui rutan dan lapas di Indonesia banyak yang overkapasitas sehingga rawan jadi pusat penyebaran covid-19 bila ada yang terinfeksi.

Khusus di Rutan Pangkep, ia menyampaikan napi yang diperbolehkan pulang ke rumah sebanyak 26 orang. Namun, jumlah itu bisa saja bertambah mengingat saat ini ada 37 napi yang juga dalam proses pemberkasan untuk asimilasi.

"Hari ini sama kemarin sudah 26 orang. Sementara 37 masih dalam tahap pemberkasan dan penyaringan," ungkap Ashari, Kamis (2/4/2020).

Ashari menjelaskan mereka yang mendapat asimilasi yaitu napi yang telah menjalani setengah masa pidana atau dua pertiga masa pidananya pada 31 Desember 2020 mendatang. Para napi ini ditegaskannya bukan mendapatkan pembebasan murni, melainkan tetap menjalani asimilasi di rumah.

"Bukan bebas, tapi asimilasi rumah, ya jadi syaratnya tidak boleh kemana-mana. Napi yang mendapat asimilasi rumah dalam pengawasan Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar," jelasnya.

Program asimilasi ini diketahui diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Kata dia, asimilasi ini diberikan sebagai upaya mengantisipasi penyebaran corona di rutan dan lapas yang sudah overkapasitas. Program ini juga tidak berlaku bagi semua napi.

"Bagi pelaku tindak pidana narkotika yang divonis lima tahun ke atas belum ada permen yang mengatur tentang asimilasi rumah bagi mereka," pungkasnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8615 seconds (0.1#10.140)