Saat Ditolak Bercinta, Lalat Jantan akan Mencari Alkohol

Jum'at, 03 April 2020 - 00:30 WIB
Saat Ditolak Bercinta, Lalat Jantan akan Mencari Alkohol
Siapa yang pernah mencicipi alkohol lantaran ditolak oleh orang yang dicintai? Wah ternyata, perilaku manusia ini juga dilakukan oleh hewan lalat khususnya lalat buah. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Siapa yang pernah mencicipi alkohol lantaran ditolak oleh orang yang dicintai? Wah ternyata, perilaku manusia ini juga dilakukan oleh hewan lalat khususnya lalat buah.

Studi terbaru yang dipublikasikan Jurnal Science menyebutkan lalat buah jantan yang ditolak oleh lalat betina akan mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol lebih banyak.

Dilansir SINDOnews dari BBC, hasil penelitian Galit Shohat Ophir dan rekannya dari Howard Hughes Medical Institute di Virginia Amerika Serikat yang melakukan penelitian di laboratorium Ulrike Heberlian, Universitas California di DSn Diego.

Dalam penelitian itu, Ophir mengelompokkan lalat jantan menjadi dua group. Group pertama ditempatkan di kotak yang penuh dengan lalat perawan yang siap dikawini sehingga cenderung menolak ajakan kawin.

Peneliti menemukan bahwa group pejantan yang ditolak memakan makanan yang mengandung alkohol 15 persen, sementara group lalat lain menghindari makanan mengandung alkohol.

Menurut Ophir, lalat buah memilih alkohol untuk memberi penghargaan atas dirinya walaupun ditolak. Perilaku itu lanjut Ophir dikendalikan oleh senyawa dalam otak yang disebut neuropeptida F (NPF).

Berdasarkan penelitian, lalat jantan yang gagal kawin memiliki level NPF lebih rendah. Kata Ophir, penelitian ini menyimpulkan bahwa otak lalat jantan ataupun hewan lain dan manusia memiliki sistem kontrol untuk memberi penghargaan internal, bahwa jika penghargaan internal turun maka akan diikuti dengan perilaku hewan tersebut.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6446 seconds (0.1#10.140)