TOPIK TERPOPULER

Pilkada Palopo dan Luwu Head To Head

Chaeruddin
Pilkada Palopo dan Luwu Head To Head
Rapat pleno terbuka pengumuman hasil penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo serta calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu telah ditetapkan masing-masing KPU, Palopo dan Luwu, Senin (12/2/2018). Foto : Chaeruddin/SINDOnews

PALOPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo dan Luwu telah menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palopo serta calon bupati dan wakil bupati Luwu, Senin (12/2/2018).

Hasil rapat pleno yang berlangsung terbuka, KPU Luwu mengumumkan dua pasangan calon akan bertarung di pemilihan bupati (pilbup) Luwu dan KPU Palopo mengumumkan dua pasangan calon di pemilihan wali kota (pilwalkot) Palopo.



Masing-masing di pilwalkot Palopo, HM Judas Amir berpasangan dengan Rahmat Masri Bandaso akan bertarung dengan pasangan calon Ahmad Syarifuddin Daud-Budi Sada.

Sementara di Pilbup Luwu, H Basmin Mattayang-Syukur Bijak berhadapan dengan Patahuddin-Emmy Tallesang.

"Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum nomor 32/PP.02.3-APT/7373/KPU-KOP/II/2018 tentang penetapan pasangan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo tahun 2018," ujar Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar.



Sementara itu, hasil keputusan KPU Luwu juga mendapat perlawanan keras dari bakal pasangan calon Buhari Kahar Mudzakkar dan Wahyu Napeng. Sebelumnya, Buhari Kahar Mudzakkar memastikan kembali akan mengajukan gugatan ke Panwas Luwu.

Menanggapi hal ini, Suhaeb, Komisioner KPU Luwu Divisi Penyelenggara Pemilu mengatakan itu adalah hak mereka. "Jika ada keputusan kami yang dianggap merugikan pihak tertentu maka tentu ada jalur yangbsudah diatur dalam PKPU nomor 1 tahun 2017," ujarnya.

Menurut Suhaeb, tenggang waktu yang diberikan oleh pihak tertentu dalam menanggapi seluruh tahapan Pilkada yang telah dilalui masih panjang. "Intinya, 30 hari sebelum hari H atau 30 hari sebelum pencoblosan, lewat dari itu sudah tidak bisa atau tidak ada gugatan lagi," kuncinya.



(bds)

Berita Terkait
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!