alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

MUI Gowa Perpanjang Peniadaan Salat Jumat Hingga Corona Mereda

Herni Amir

SUNGGUMINASA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gowa memperpanjang peniadaan sementara pelaksanaan Salat Jumat di daerah berjuluk Butta Bersejarah itu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa. KH Abubakar Paka menegaskan, MUI Gowa merujuk keputusan berupa imbauan MUI Sulsel serta Fatwa MUI pusat dan Maklumat Pemerintah RI agar pelaksanaan Salat Jumat selama corona virus mewabah untuk ditiadakan sementara waktu.

Salat Jumat akan kembali dilaksanakan setelah masa inkubasi covid-19 mereda. "Iye kalau kondisi pelaksanaan Salat Jumat belum memungkinkan untuk dilakukan karena korban yang terjangkit virus corona terus bertambah. Dengan kondisi ini, berarti illat fatwa atau imbauan MUI masih berlangsung. Ini berarti bahwa fatwa dan imbauan tersebut masih dapat diperpegangi atau diperpanjang," jelasnya, Jumat (03/04/2020).



KH Abubakar Paka juga mengatakan selain berpatokan pada fatwa dan imbauan itu, MUI Gowa juga bersinergi dengan edaran atau maklumat pemerintah.

" Iye karena kondisi belum memungkinkan dan penyebaran virus ini makin kencang maka kaum muslimin belum bisa melakukan Salat Jumat ini di masjid-masjid. Insha Allah musibah wabah virus ini segera berlalu dan kita kembali bisa menjalankan ibadah wajib Salat Jumat yang sudah dua pekan ini tidak kita laksanakan," tandasnya.



(sss)