Pemkab Lutra Siapkan Rp23 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 03 April 2020 - 18:25 WIB
Pemkab Lutra Siapkan Rp23 Miliar untuk Penanganan Covid-19
Bupati Lutra Indah Putri Indriani melakukan video conference menyampaikan kesiapan anggaran penanganan virus corona. Foto/Pemkab Lutra
A A A
MASAMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) siap menggelontorkan anggaran Rp23 miliar untuk penanganan virus corona alias covid-19 di wilayahnya. Hal itu disampaikan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani di hadapan Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dalam rapat koordinasi melalui video conference pada Jumat (3/4/2020) di Ruang Command Center Kantor Bupati Lutra.

“Sesuai instruksi Gubernur Sulsel, kita telah melakukan realokasi dan refocusing APBD 2020. Kita telah menyiapkan Rp23 miliar untuk percepatan penanganan covid-19," kata IDP-sapaan akrab Bupati Indah.

Bupati Lutra menyebut anggaran itu akan digunakan untuk program jaring pengaman sosial. “Kita akan mengintervensi sekitar 18.181 KK yang berada di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk dua bulan,” jelas Bupati Indah.

Ia melanjutkan anggaran Rp23 miliar tersebut juga termasuk di dalamnya pemberian insentif untuk para tenaga medis yang menangani kasus covid-19. Terkait Alat Pelindung Diri (APD), Pemkab Lutra telah menyiapkan anggaran pengadaan. Hanya saja, kata dia, terkendala oleh ketersediaan APD yang memang masih langka di pasaran.

“Ya, untuk APD, ada kendala keterbatasan, karena memang barangnya belum ada,” sebut Buapti Indah.

Video conference dengan Wagub Sulsel juga dilakukan bersama seluruh Bupati/Wali Kota se-Sulsel. Turut hadir mendampingi Bupati Indah yakni Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kalaksa BPBD Muslim Muchtar, Juru Bicara Komang Krisna, Kepala Dinas Kesehatan Andi Muhammad Nasrum dan Kepala BPKAD, Baharuddin Nurdin.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4677 seconds (0.1#10.140)