7 dari 8 PDP di Luwu Utara Dinyatakan Negatif Covid-19

Jum'at, 03 April 2020 - 19:41 WIB
7 dari 8 PDP di Luwu Utara Dinyatakan Negatif Covid-19
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat melakukan video conference dengan jajaran Bupati dan Wali Kota se Sulsel dipimpin Wagub Sulsel. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - 7 dari 8 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Luwu Utara, dinyatakan negatif Covid-19.

Hal itu menjadi salah satu data yang disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat mengikuti rapat via Video Conference bersama Walikota/Bupati se Sulsel yang dipimpin Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (3/4/2020).

"Kami laporkan bahwa ada 8 PDP di Luwu Utara dan hingga hari ini, alhamdulillah 7 diantaranya telah dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium BBLK Makassar. Dari 8 ini, 2 dirawat/isolasi, dan 6 lainnya dinyatakan sehat," kata bupati didampingi Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Luwu Utara Muslim Muchtar, Kadis Kesehatan Andi Muhammad Nasrum, dan Kepala BPKAD Baharuddin Nurdin.

Terkait dengan realokasi anggaran dan refocusing kegiatan APBD 2020, Indah membeberkan, telah menyiapkan sekira Rp23 miliar.

"Anggaran ini difokuskan untuk penanganan Covid-19 dalam hal ini Dinas Kesehatan dan RSUD Andi Djemma Masamba, termasuk insentif tenaga medis yang menangani," katanya.

Selain itu juga kemudian disiapkan jaring pengaman sosial yang direncanakan untuk mengintervensi 18.181 KK yang berada di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang diperuntukkan untuk 2 bulan.
"Kemudian dukungan untuk gugus tugas. Sementara bantuan dari Provinsi, kami sudah menerima 50 rapid test dan 20 VTM. Yang menjadi kendala kami juga adalah keterbatasan APD (Alat Pelindung Diri) tapi memang barangnya yang belum tersedia. Kami mohon juga VTM bisa disupport dari provinsi untuk kabupaten/kota," terangnya.

Sementara Juru Bicara Pemda Luwu Utara untuk percepatan penanganan covid-19, Komang Krisna yang juga mendampingi Indah pada rapat tersebut, mengonfirmasi data yang disampaikan melalui update data terkini pukul 16.30 WITA.

"Dari 8 kasus, 7 dikonfirmasi negatif seperti yang telah disampaikan ibu bupati pada rapat tadi. Penambahan hasil lab tersebut atas nama IW alamat Masamba, RM asal Malangke Barat, dan IS yang berdomisili di Sabbang," terangnya.

Sementara kata dia, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga saat ini sebanyak 79, 61 orang masih dalam pemantauan, dan 18 dinyatakan sehat.

"Meski begitu kami meminta pada masyarakat agar tidak memandang sebelah mata covid-19 ini dengan melakukan upaya pencegahan dan perlindungan semaksimal mungkin," tutur Komang.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3693 seconds (0.1#10.140)