alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Covid-19, Ini Dilakukan Warga Bumi Batara Mawang

Ashari Prawira Negara

MAKASSAR - Warga Komplek Bumi Batara Mawang, Kelurahan Bontoramba Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, kompak melakukan antisipasi penyabaran Covid-19 dengan memberlakukan penjagagaan ketat ke wilayah mereka.

Penjagaan tersebut dilakukan bergilir oleh warga setempat di portal masuk kawasan. Warga luar termasuk warga komplek sendiri akan disemprot dengan disinfektan sebelum diperkenangkan masuk ke kawasan.

Selain itu riwayat kepergian mereka bakal dijejaki, terlebih jika mereka diketahui sehabis dari kawasan perkotaan.



Salah seorang warga setempat Andi Muhammad Adam menuturkan, bahwa kegiatan rutin tersebut telah berlangsung sejak seminggu lalu.

"Untuk mengantisipasi yang namanya Covid-19 tiap RT itu ada perwakilannya (tim) yang menjaga dari pagi sampai pagi, 24 jam jadi kita ada lima RT," ujar Adam.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan upaya itu dilakukan dengan swadaya dari masyarakat sendiri.

"Jadi kita patungan antar warga, pokoknya mulai tangan, termasuk kendaraan itu kita semprot," katanya.

Jam malam juga diberlakukan, dimana jika telah melewati jam 12 malam maka warga tidak diperkenangkan lagi berlalu lalalang kecuali ada keperluan yang benar-benar mendesak. Itupun dengan prosedural yang ketat dari para petugas.

"Kita liat keperluannya kalaupun tidak terlalu penting nanti besoklah berkunjung," katanya.

Adam menjelaskan, bahwa tim yang menjaga tidak lebih dari sepuluh orang, rata-rata yang berjaga berjumlah tujuh atau lebih. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian warga terhadap aturan dari pemerintah tentang menjaga sosial distancing dengan tidak membuat perkumpulan yang banyak.

Adam melanjutkan bahwa rata-rata masyarkat yang datang dari luar cukup mengapresiasi langkah tersebut, terlebih hal ini juga mendapat dukungan dari tokoh masyarakat setempat seperti lurah bahkan pihak babinsa.

"Itu mereka (lurah dan babinsa) sudah tau kegitan kita, sudah ada izin juga dari mereka, respons juga bagus dalam artian kita inikan saling menjaga," ujarnya.

Saat ini belum ada inisiatif serupa yang dilakukan oleh warga di kompleks lain, padahal menurutnya situasi saat ini sudah sangat genting. Diharapkan dengan upaya tersebut bisa menjadi pemicu bagi kawasan lain untuk menerapkan hal yang sama.



(agn)