alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

4 Warga Kaltim Positif Corona Usai Ikuti Ijtima Asia di Gowa

Tsabita

SAMARINDA - Jumlah pasien positif virus corona alias covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) kembali bertambah. Penambahan kali ini terbanyak dari klaster Ijtima Dunia Zona Asia yang dilaksanakan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada pertengahan Maret lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak menjelaskan ada empat warganya yang terjangkit covid-19 yang merupakan peserta Ijtima Asia di Gowa. Keempatnya berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Mereka berempat pulang tidak bersama-sama. Satu orang pulang lebih dulu, sehari kemudian baru yang tiga orang,” kata Andi, Senin (6/4/2020).



Andi menjelaskan pasien pertama merupakan laki-laki 30 tahun. Seusai pulang dari Gowa, pasien sempat memeriksakan diri ke Puskemas karena timbul gejala klinis. “Dari hasil rapid test keluar hasil negatif,” kata Andi yang juga Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim.

Dari hasil tracing pasien ini, tim gugus tugas menemukan tiga peserta lainnya yang masih remaja. Setelah diuji menggunakan alat rapid test, hasilnya positif. “Isolasi dilakukan sambil diambil swab untuk uji laboratorium. Hari ini hasil laboratorium dinyatakan positif,” timpal Andi.

Kini tim gugus tugas di Kaltim sedang fokus menelusuri peserta ijtimak dunia. Sebab, menurut perkiraan peserta dari Kaltim mencapai 1.600 orang.

Selain empat pasien terkonfirmasi ini, di Kaltim ada penambahan dua pasien lagi. Sehingga total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga pukul 18.00 Wita hari ini mencapai 31 pasien.



(tyk)