alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemerintah Siapkan BLT Rp600.000/Keluarga untuk Warga Terdampak Corona

Dita Angga Rusiana

JAKARTA - Pemerintah tengah menyiapkan skema bantuan langsung tunai atau BLT bagi warga terdampak wabah virus corona alias covid-19. Hanya saja, bantuan ini terbatas, dimana jumlah penerimanya diperkirakan tidak sampai 9 juta. Selain itu, sejumlah ketentuan atau persyaratan harus dipenuhi penerima.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui rencana pemberian BLT tersebut. “Presiden juga menyetujui untuk memberikan bantuan langsung tunai atau disingkat BLT selama tiga bulan,” kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara saat konferensi pers, Selasa (7/4/2020).

Dia mengatakan indeks yang ditetapkan untuk BLT sebesar Rp600.000 per keluarga. Namun ada kriteria tertentu untuk penerima BLT ini yakni tidak menerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah.



“Ini siapa yang menerima adalah seluruh keluarga yang ada di dalam data terpadu kami yang belum terima bansos seperti PKH, BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) ataupun nanti kartu prakerja,” ujarnya.

Juliari mengatakan selain data dari Kemensos, akan ada tambahan data dari pemerintah daerah terkait siapa saja masyarakat yang tidak menerima bansos. Dia memperkirakan jumlahnya tidak sampai 9 juta. “Saya sudah lihat angkanya kemungkinan enggak sampai 9 juta angkanya,” tuturnya.

Juliari ingin program ini dilaksanakan pada bulan ini. Namun begitu hal ini masih perlu dikoordinasikan. “Kami akan mulai secepatnya. Kita ingin bulan ini. Tapi karena diputuskan hari ini kami perlu untuk melakukan koordinasi-koordinasi lebih dulu,” tandasnya.



(tyk)