Gantikan Agus Martowardojo, Perry Warjiyo Resmi Jabat Gubernur BI

Kamis, 24 Mei 2018 - 13:18 WIB
Gantikan Agus Martowardojo, Perry Warjiyo Resmi Jabat Gubernur BI
Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (BI). Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Perry Warjiyo resmi menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023. Perry menggantikan Agus Martowardojo yang telah mengakhiri masa jabatannya pada 23 Mei 2018 lalu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Gubernur BI yang baru tersebut dilakukan oleh Mahkamah Agung (MA).

Perry sendiri sebelumnya menjadi calon tunggal yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Gubernur BI yang baru. Mantan Deputi Gubernur BI ini pun telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dilakukan oleh Komisi XI DPR.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk menjadi Gubernur BI, langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak diberikan dan memberikan sesuatu kepada siapapun juga," katanya di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Dalam sumpah jabatannya, Perry juga berjanji tidak akan menerima janji atau pemberian apapun baik secara langsung dan tidak langsung. Selain itu, dia juga berjanji akan menjalankan tugasnya sebagai orang nomor satu di bank sentral Indonesia dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

"Saya bersumpah akan setia terhadap negara, konstitusi dan haluan negara," tandasnya.

Hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini Wakil Presiden periode Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II Boediono, Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarrno, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto, dan mantan Gubernur BI Agus DW Martowardojo.

Selain itu, hadir pula para ekonom, bankir, pejabat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga pengusaha Tanah Air.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6212 seconds (0.1#10.140)